Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RMKE Energy (RMKE) & Atlas Resources (ARII) Kerja Sama Jual Beli Batu Bara

RMK Energy (RMKE) melalui anak usahanya menjalin kerja sama dengan anak usaha Atlas Resources (ARII) terkait jual beli batu bara.
Aktivitas tambang batu bara di Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim, Sumatra Selatan. - Bisnis/Husnul Iga Puspita
Aktivitas tambang batu bara di Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim, Sumatra Selatan. - Bisnis/Husnul Iga Puspita

Bisnis.com, JAKARTA - PT RMK Energy Tbk (RMKE) melalui anak usahanya PT Royaltama Multi Komoditi Nusantara (RMKN) menjalin kerja sama dengan PT Atlas Resources Tbk (ARII) melalui anak usaha PT Gorby Putra Utama (GPU) terkait jual beli batu bara dengan mekanisme kerja sama operasional (KSO) dan offtake.

Direktur Utama RMKE Energy Vincent Saputra menyampaikan, sejumlah strategi telah disiapkan demi mencapai target tahun ini, salah satunya kolaborasi dengan produsen tambang di Sumatra Selatan untuk meningkatkan volume penjualan batu bara. 

Selain kerja sama, pihak RMKE juga terus mengoptimalkan produksi batu bara in-house dan manajemen cost control yang baik di tengah tantangan curah hujan yang tinggi pada kuartal pertama tahun ini. 

“Tantangan terbesar pada kuartal pertama tahun ini adalah curah hujan yang sangat tinggi, namun kami masih optimistis untuk dapat meningkatkan volume penjualan batu bara melalui kolaborasi dengan ARII dan beberapa tambang potensial di Sumatra Selatan,” kata Vincent dalam keteranganya, Senin (25/3/2024).

Vincent menambahkan kerja sama ini juga akan meningkatkan kinerja keuangan grup dengan kolaborasi bersama Rantai Mulia Kencana dan RMKO. 

“Kami akan melanjutkan kolaborasi seperti ini ke depannya dengan memberikan solusi logistik yang terintegrasi kepada produsen tambang di Sumatera Selatan,” ujarnya.

Adapun, ARII merupakan salah satu produsen batu bara di Indonesia yang memiliki lahan konsesi yang secara keseluruhan mencapai luas lebih dari 200.000 Ha. 

Kegiatan eksplorasi maupun produksi batu bara dikoordinasikan melalui enam hub salah satunya adalah Hub Mutara. Pengelolaan Hub Mutara ini dilakukan oleh entitas anak usaha Perseroan salah satunya GPU yang memiliki lahan 4.395 hektare (ha).

Dalam perjanjian kerja sama ini, RMKE akan melakukan transaksi jual beli secara free on board (FOB) barge batu bara yang dihasilkan dari area konsesi pertambangan batu bara milik GPU di Desa Beringin Makmur 2 Kecamatan Rawas Ilir Kabupaten Musi Rawas Utara Provinsi Sumatra Selatan. 

Batu bara yang diperjualbelikan sebesar 600.000 metrik ton (mt) atau sebesar 50.000 mt batu bara per bulan yang dikirim melalui Jetty Sriwijaya Bara Logistic, Desa Pulai Gading, Kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Dengan kolaborasi ini, RMKE dan ARII dapat meningkatkan kinerja operasionalnya dengan fasilitas yang dibangun oleh RMKO melalui investasi dari Rantai Mulia Kencana. Melalui kerja sama ini, RMKE dapat meningkatkan pendapatannya dari segmen penjualan batu bara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper