Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Segera Daftar! Ini Deretan Program Mudik Gratis Lebaran yang Masih Buka Pendaftaran

Mudik gratis lebaran ada yang masih buka pendaftaran bagi Anda yang ingin mudik
Segera Daftar! Ini Deretan Program Mudik Gratis Lebaran yang Masih Buka Pendaftaran ANTARA FOTO/Ardiansyah/nym.
Segera Daftar! Ini Deretan Program Mudik Gratis Lebaran yang Masih Buka Pendaftaran ANTARA FOTO/Ardiansyah/nym.

Bisnis.com, JAKARTA – Pendaftaran mudik gratis sudah dibuka oleh berbagai pihak dan langsung ludes dibooking oleh masyarakat. Tapi, tenang saja karena masih ada beberapa kuota yang masih tersedia.

Padahal rata-rata kuota yang disediakan lebih dari 2.000 kursi dari berbagai pihak. Ini menunjukan antusiasme masyarakat begitu tinggi untuk mengikuti gelaran mudik gratis.

Digelarnya mudik gratis memang memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin pulang ke kampung halaman. Bukan hanya itu, masyarakat juga bisa lebih hemat dan tidak perlu menguras banyak tenaga untuk pulang kampung.

Bisnis telah menghimpun berbagai informasi terkait kuota mudik yang masih tersedia. Sebagai informasi, kuota ini bisa saja tidak tersedia saat berita ini dipublish, mengingat animo masyarakat begitu tinggi.

1. Kementerian Perhubungan

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka kuota mudik gratis dengan armada bus, kapal, dan kereta api. Periode pendaftaran untuk jalur laut dimulai 13 Maret – 7 April 2024, dan kereta api pada 4 Maret – 18 April 2024. Meski demikian Kemenhub telah menyatakan seluruh kuota sudah habis.

Total kuota yang disediakan mencapai 47.194. Hingga saat ini, masih ada kuota yang tersedia ke berbagai jurusan. Dari pantauan Bisnis, rata-rata tanggal tiket keberangkatan yang masih tersedia mulai dari 13 April 2024 sampai 19 April 2024.

Namun, Kemenhub juga berencana akan menambah kuota mudik gratis tambahan.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung mengakses link berikut: https://mudikgratis.dephub.go.id/

2. PT PLN

Perusahaan Listrik Negara (PLN) masih membuka pendaftaran yang dimulai sejak 16 Maret – 18 Maret 2024. PLN menyediakan 6.500 kuota keberangkatan dari Jakarta dan 1.000 kuota dari masing-masing kota keberangkatan Medan dan Makassar.

Untuk informasi lanjut tentang syarat pendaftaran, Anda bisa langsung mendownload aplikasi PLN Mobile, karena semua aktivitas pendaftaran dilakukan melalui aplikasi tersebut. Nantinya, aka nada pendaftaran ulang pada 25 Maret – 4 April 2024.

3. PT Bio Farma

Melalui akun instagramnya, PT Biofarma kembali membuka pendaftaran mudik gratis dengan tambahan total 200 kuota. Periode pendaftaran dimulai sejak 1 Maret sampai 20 Maret 2024. Relasi yang disediakan, yakni: Bandung – Wonogiri dan Bandung – Yogyakarta. Untuk informasi pendaftarannya, Anda bisa langsung mengunjungi akun Instagram @biofarmaid atau melalui link berikut: https://tally.so/r/w54gLZ

4. PT INKA

PT INKA membuka dua kategori armada keberangkatan, yakni kereta api dan bus. Periode pendaftaran dibuka sejak 15 Maret – 29 Maret 2024.

Untuk relasi kereta api dimulai dari Madiun – Banyuwangi dengan tanggal keberangkatan 04 April 2024, pukul 21.00 WIB, di Stasiun Madiun. Anda bisa mengakses link pendaftaran di https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSeE_deqC1IYHlqnoSio47OQK6wTt1gxqk3ztG35hl5yhAIi_w/viewform

Sedangkan untuk armada bus, relasi keberangkatan dimulai dari Surabaya ke Ponorogo dengan tanggal keberangkatan 05 April 2024, pukul 08.00, di Damri Jagir Sidoresmo, Wonokromo. Anda langsung bisa mengakses link berikut https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSePCpmFfFoBLV7zK7CS4qx2GcQNI2D7mBNKhfROLhoAhj5jmA/viewform untuk pendaftaran lebih lanjut

5. PT Pelindo

PT Pelindo sudah membuka pendaftaran sejak 5 hari yang lalu. Akan tetapi, masih terdapat relasi keberangkatan yang masih tersedia, yakni :

1. Surabaya – Jember
2. Surabaya – Trenggalek
3. Medan – Pekanbaru

Adapun Pelindo hanya menyediakan armada bus kelas eksekutif dengan fasilitas obat-obatan, dan souvenir. Untuk melakukan pendaftaran beserta memenuhi syarat yang telah ditentukan, Anda bisa langsung mengakses link berikut https://linktr.ee/MudikAsyikBersamaPelindo2024

Yuk, segera daftar diri Anda agar tidak kehabisan tiket mudik gratis. Pastikan Anda memenuhi syarat yang telah ditentukan agar langsung mendapatkan tiket. Selain itu, Anda diimbau untuk tetap waspada dengan informasi hoax. Informasi tentang mudik gratis hanya diberikan oleh pihak resmi yang berkaitan. Segera laporkan jika mendapatkan informasi palsu. (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper