Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

7 Arti Warna Helm Proyek Berdasarkan Jabatan dan Tingkatannya

Helm proyek memiliki berbagai varian warna yang dipakai pekerja dan harus memenuhi Standar SNI. Berikut arti warna helm proyek berdasarkan jabatannya.
Arti warna helm proyek berdasarkan jabatan yang diampu./Bisnis.com
Arti warna helm proyek berdasarkan jabatan yang diampu./Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi pekerja konstruksi ataupun yang terbiasa di lapangan, helm proyek merupakan salah satu alat pelindung diri (APD) utama. Uniknya helm proyek memiliki beberapa macam warna yang memiliki arti penting, berikut arti warna helm proyek sesuai jabatan.

Hal tersebut didukung dengan aturan Undang-undang (UU) Ketenagakerjaan mengenai penggunaan APD yang sesuai saat bekerja, sesuai dengan standar kesehatan dan keselamatan kerja (k3).

Merujuk pada ketentuan tersebut, helm proyek memiliki berbagai varian warna yang dipakai pekerja dan harus memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI).

Warna helm proyek berdasarkan jabatan - Bisnis.com
Warna helm proyek berdasarkan jabatan - Bisnis.com

Arti Warna Helm Proyek 

Warna helm proyek di sebuah tempat kerja seperti tambang, memiliki warna dan makna yang berbeda-beda. Perbedaan warna safety helmet yang digunakan oleh masing-masing pekerja memiliki arti tertentu.

Warna dan penggunaan helm proyek sesuai dengan ketentuan Surat Edaran Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 11/SE/M/2019 tentang Petunjuk Teknis Biaya Penyelenggaraan Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi.

Melansir dari website Badan Pengatur Jalan Tol (PUPR), berikut arti warna helm proyek beserta maknanya. 

1. Helm Proyek Kuning (Subkontraktor)

Warna helm proyek kuning umumnya digunakan oleh sub kontraktor atau pekerja umum atau untuk sipil di lapangan. Pekerja yang menggunakan helm kuning dilengkapi juga dengan APD lainnya seperti rompi berwarna kuning cerah saat di lapangan.

2. Helm Proyek Merah (Unit K3)

Pekerja yang menggunakan helm proyek berwarna merah diperuntukkan bagi unit Keselamatan, dan Kesehatan Kerja (K3). Fungsi dan peran mereka adalah memeriksa dan memastikan bahwa sistem keselamatan sudah terpasang dan dapat berfungsi  sesuai ketentuan standar.

3. Helm Proyek Putih (Kepala Proyek)

Dalam industri K3, helm proyek putih biasanya diperuntukkan bagi tamu proyek dan tim pelaksana seperti Pelaksana, Kepala Pelaksana, dan Kepala Proyek. Orang-orang yang menggunakan helm putih biasanya memiliki tanggung jawab serta pengetahuan yang lebih besar. Perbedaan jabatan dapat dilihat berdasarkan strip helm.

4. Helm Proyek Hijau (Pengawas/Peneliti Lingkungan)

Selanjutnya, untuk pekerja yang berhubungan dengan lingkungan, seperti peneliti lingkungan atau pengawas lingkungan di area proyek dan juga petugas kebersihan. Warna helm proyek yang digunakan berwarna hijau sebagai makna untuk menyampaikan pesan “Go Green”.

5. Helm Proyek Biru (Mekanikal Elektrikal)

Helm biru dalam proyek umumnya digunakan oleh pekerja pada unit kerja mekanikal elektrikal (ME). Selain itu, helm ini juga sering digunakan oleh operator seperti forklift, bulldozer, crane saat sedang di lapangan. 

6. Helm Proyek Oranye (Tamu Perusahaan)

Lalu, untuk warna helm proyek yang terakhir berwarna oranye. helm ini biasanya digunakan oleh tamu yang sedang datang berkunjung. Selain pekerja, orang yang ingin masuk atau meninjau lokasi proyek wajib menggunakan helm berwarna oranye. (Maria Jessica Elvera Marus)

Demikian informasi lengkap mengenai arti warna helm proyek berdasarkan jabatan dan tingkatannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper