Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Respons Erick Thohir soal Prabowo Sebut RI Tak Perlu Hotel BUMN

Menteri BUMN Erick Thohir angkat bicara terkait pernyataan capres Prabowo Subianto soal Indonesia tidak perlu memiliki hotel BUMN.
Menteri BUMN Erick Thohir dalam Ramah Tamah Menteri BUMN dengan Media, Rabu (3/5/2023). Bisnis-Mutiara Nabila
Menteri BUMN Erick Thohir dalam Ramah Tamah Menteri BUMN dengan Media, Rabu (3/5/2023). Bisnis-Mutiara Nabila

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri BUMN Erick Thohir menanggapi pernyataan calon presiden (capres) Prabowo Subianto yang menyatakan Indonesia tidak perlu memiliki hotel milik negara atau hotel BUMN.

Erick mendukung pernyataan Prabowo tersebut. Dia menuturkan bahwa sebelum era kepemimpinannya, setiap BUMN memang memiliki hotel.

Namun, setelah dirinya menjabat, seluruh hotel milik perusahaan pelat merah dikonsolidasikan ke dalam satu payung dengan total sebanyak 122 hotel. 

“Memang dulu setiap BUMN punya hotel. Sekarang, zaman saya, hotel dikonsolidasikan ke dalam satu payung yaitu jumlahnya 122 hotel. Apakah itu perlu? Menurut saya itu bukan yang signifikan,” kata Erick saat ditemui di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (5/3/2024). 

Menurutnya, BUMN seharusnya memiliki beberapa hal penting yang harus dijalankan. Misalnya, BUMN harus menjadi korporasi yang sehat dan bagian dari kontribusi fiskal seperti pajak ataupun dividen. Selain itu, BUMN turut menjadi garda terdepan dalam pembangunan ekonomi.  

“Contoh, kami mau bikin Sanur [Bali] menjadi pusat wisata kesehatan lalu kita kembangkan. Nah, itu menjadi bagian dari economic development,” kata Erick. 

Prabowo Subianto, dalam kesempatan sebelumnya, menilai Indonesia tidak membutuhkan hotel BUMN. Dia pun meminta masukan kepada Menteri BUMN, Erick Thohir terkait pendapatnya tersebut. 

“Menurut saya, kami tidak membutuhkan hotel milik negara. Saya katakan, bagaimana menurut Anda, Pak Erick? Tapi saya meminta saran Anda,” kata Prabowo dalam Mandiri Investment Forum, Selasa (5/3/2024).

Dia menyatakan bahwa pihaknya sangat terbuka kepada semua pihak yang tertarik menjalankan bisnis dan investasi di Indonesia. Hal ini berbeda ketika pemerintah pada 1950-an harus berperan besar dalam mengembangkan pariwisata dalam negeri.

Oleh karena itu, Prabowo yang kini masih menjabat sebagai Menteri Pertahanan, menegaskan bahwa sudah saatnya sektor swasta mendapat ruang yang lebih besar untuk mengembangkan pariwisata di Indonesia jika memungkinkan.  

“Menurut saya pariwisata di tahun 1950-an pemerintah harus mengambil peran sebagai pionir, tapi sekarang menurut saya kita harus membiarkan sektor swasta menjadi semakin dominan. Jika memungkinkan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper