Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Jacob Rothschild, Bankir Legendaris yang Wafat di Usia 87 Tahun

Berikut profil Nathaniel Charles Jacob Rothschild, seorang bankir legendaris dan dermawan yang tutup usia di umur 87 tahun.
Jacob Rothschild
Jacob Rothschild

Bisnis.com, JAKARTA - Nathaniel Charles Jacob Rothschild atau yang dikenal dengan sebutan Jacob Rothschild, seorang legenda di dunia finansial global yang dermawan, meninggal dunia di usia 87 tahun pada Senin (27/2/2024). 

Pihak keluarga telah mengonfirmasi kematiannya dalam pernyataan kepada Press Association, namun tidak memberikan beberapa alasan kematian Jacob. 

“Ayah kami, Jacob, adalah tokoh penting dalam kehidupan banyak orang – seorang pemodal yang berprestasi, seorang pejuang seni dan budaya, seorang pegawai negeri yang setia,” terang pernyataan tersebut. 

Lantas, siapa sebenarnya Jacob Rothschild yang disebut dengan sosok legenda finansial global? 

Profil Jacob Rothschild 

Jacob Rothschild adalah pewaris generasi ketujuh dari dinasti perbankan terkenal di dunia, yaitu Rothschild. Pada 1980, Jacob meninggalkan NM Rothschild & Sons Ltd. untuk fokus pada Rothschild Investment Trust. 

Bisnis cabang Jacob yang kini dikenal dengan RIT Capital Partners Plc, merupakan salah satu perwalian investasi terbesar di Inggris dengan aset bersih mencapai 3,5 miliar euro pada akhir November 2023, atau sekitar Rp59 triliun. 

Selain menjadi tokoh ternama dalam dunia keuangan, Jacob juga dikenal sebagai seorang dermawan terkemuka di inggris, dengan memimpin dewan Galeri Nasional dan Dana Lotere Warisan Nasional. 

Jacob juga mengikuti jejak anggota keluarganya dengan melakukan kegiatan amal di Israel. Jacob merupakan ketua Yad Hanadiv, yayasan keluarga, yang memberikan gedung Knesset dan Mahkamah Agung kepada negara.

Pada 2022, Jacob juga pernah dianugerahi Order of Merit oleh Ratu Elizabeth II. Perintah tersebut diberikan atas pengabdiannya di bidang seni, pembelajaran, sastra, dan sains, dan jumlahnya dibatasi hingga 24 di Inggris. 

Masa kecil Jacob Rothschild 

Terkait pendidikan, Jacob yang lahir pada April 1936  menempuh studinya di Eton College dan Universitas Oxford. Ia kemudian menikah dengan Serena Mary Dunn, cucu dari pemodal Kanada Sir James Dunn pada 1961. 

Mary Dunn juga dikenal sebagai pemilik kuda pacuan asli Inggris dan mengelola Waddesdon Stud di properti bangsawan yang juga dikenal dengan nama yang sama. Properti tersebut telah menjadi salah satu tujuan yang paling sering dikunjungi di National Trust.

Keduanya kemudian memiliki empat anak, yakni Hannah, Beth, Emily dan Nat. 

Hannah, yang berusia 61 tahun menjadi dewan direksi perusahaan RIT dimana dia mengawasi setidaknya 10% saham yang kini bernilai lebih dari 250 juta euro. Hannah juga menjadi satu-satunya anak Jacob yang membantu menjalankan perusahaan investasi swastanya yakni Five Arrows Limited. 

Selain itu, Hannah yang juga mantan ketua Galeri Nasional Inggris, juga membantu mengawasi badan amal keluarganya bersama saudara kandungnya yang lain Emily, 56, dan Beth, yang berusia 60 tahun pada bulan ini.

Adapun putra Jacob yang berusia 52 tahun, Nathaniel, ketua dan pemegang saham utama pabrikan Inggris Volex Plc, menggantikannya sebagai Baron Rothschild ke-5. 

Nathaniel sebelumnya menjabat sebagai direktur RIT sebelum kakak perempuannya, Hannah, mengambil peran serupa pada tahun 2013.

Sumber: Bloomberg, The Independent

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper