Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ramai Aksi Boikot, McDonald's Indonesia Gandeng Baznas Galang Donasi Palestina

McDonald's Indonesia menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk mengumpulkan donasi untuk membantu masyarakat Palestina.
PT Rekso Nasional Food yang menaungi waralaba Mcdonald's di Indonesia membuka fitur donasi untuk bantuan ke Palestina/JIBI
PT Rekso Nasional Food yang menaungi waralaba Mcdonald's di Indonesia membuka fitur donasi untuk bantuan ke Palestina/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA - PT Rekso Nasional Food yang menaungi waralaba McDonald's di Indonesia membuka fitur donasi untuk bantuan ke Palestina.

Restoran cepat saji yang sempat jadi sasaran aksi boikot akibat perang Israel-Palestina itu menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk mengumpulkan donasi dari masyarakat, karyawan hingga jajaran manajemen perusahaan.

Direktur HR & GS, Yulianti Hadena mengatakan, fitur donasi untuk Palestina tersedia di seluruh gerai Mcdonald's di Indonesia selama 1-20 Februari 2024. Lewat penggalangan donasi itu, Yulianti menyebut pihaknya bersama Baznas menargetkan bantuan 1.000 selimut untuk warga Gaza yang terimbas perang.

"Ini bukan sekadar untuk mencari dukungan tapi bercermin dari kepedulian kami yang mendalam terhadap eskalasi konflik di Gaza," ujar Yulianti dalam konferensi pers, Rabu (31/1/2024).

Sebelumnya Mcdonald's Indonesia juga telah menyumbang bantuan Rp1,5 miliar untuk warga Palestina lewat Baznas pada November 2023 lalu. Yulianti mengklaim penggalangan dana bersama Baznas kali ini jadi komitmen Mcdonald's dalam memperkuat ekosistem bisnis mereka yang telah berjalan kurang lebih selama 30 Tahun di Indonesia. 

"Kerja sama ini memudahkan siapapun yag memiliki niat baik membantu sesama," tuturnya.

Secara terperinci, Yulianti menjelaskan, donasi dapat dilakukan siapapun melalui kode QR yang tersedia di kasir gerai Mcdonald's. Donasi yang terkumpul nantinya langsung masuk ke dalam rekening Baznas dan akan disalurkan Baznas ke Palestina dalam bentuk selimut lewat perwakilan di Mesir.

"Kalau masyarakat mau sedekah, datang saja [ke McDonald's] enggak perlu beli produk McD juga engak apa-apa," kata Yulianti. 

Sementara itu, Pimpinan Baznas Bidang Pengumpulan, Rizaludin Kurniawan menyebut pihaknya menyambut baik kerja sama dengan Mcdonald's Indonesia untuk memfasilitasi pembayaran sedekah.

"Karena pada dasarnya kemanusiaan itu tidak disekat agama, teritori, suku dan ras. Pada hakikatnya kemanusiaan non diskriminatif," kata Rizaludin.

Rizaludin memberkan, sejumlah kerja sama aksi kemanusiaan juga tengah disiapkan Mcdonald's Indonesia bersama Baznas. Dalam waktu dekat, program berbagai makanan untuk mengentaskan kelaparan disebut Rizaludin sudah dalam tahap bahasan bersama Mcdonald's Indonesia.

Secara keseluruhan, Rizaludin menyebut pihaknya menargetkan penggalangan dana untuk bantuan kemanusiaan ke Palestina mencapai Rp250-Rp350 miliar dari berbagai donatur. Sementara realisasi penyaluran saat ini baru sekitar Rp30 miliar. Sementara untuk tahap bantuan rekonstruksi di Gaza, pihak Baznas menargetkan bantuan sekitar Rp100 miliar dari target penggalangan donasi.

"Untuk tanggap darurat kami alokasikan 40% dulu, ini juga berdasarkan rekomendasi kedutaan besar di Mesir," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Rachmawati
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper