Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Proyeksi Kemenperin: Optimisme Pelaku Industri Tetap Kuat pada Semester I/2024

Kemenperin mengatakan proyeksi optimisme pelaku industri terlihat dari tren yang terus meningkat pada semester kedua tahun ini.
Ilustrasi kegiatan industri manufaktur/Reuters
Ilustrasi kegiatan industri manufaktur/Reuters

Bisnis.com, DENPASAR -- Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memproyeksi optimisme pelaku industri akan kondisi usaha masih akan tetap menguat pada semester I/2024 di tengah pelemahan ekonomi global. 

Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif mengatakan proyeksi tersebut terlihat dari tren tingkat optimisme pelaku usaha yang terus meningkat pada semester kedua tahun ini. 

"Trennya kalau kita bisa lihat ini cenderung optimisme pelaku industri itu akan berada di sekitar di atas 60%," kata Febri dalam agenda Rilis Indeks Kepercayaan Industri (IKI) Desember 2023, Kamis (28/12/2023). 

Adapun, keyakinan pelaku usaha dalam memandang kondisi usaha 6 bulan ke depan didorong adanya momen Pemilu 2024, perayaan hari besar keagamaan, hari libur yang dinilai dapat meningkatkan produk manufaktur. 

Febri menuturkan pada Desember 2023, secara umum tingkat optimisme pelaku usaha memandang kondisi usaha selama 6 bulan ke depan meningkat menjadi 62,4%, dibanding 61,4% pada November 2023. 

"Mayoritas responden yang menjawab optimis menyampaikan keyakinannya akan kondisi pasar akan membaik dan kepercayaannya karena kebijakan pemerintah pusat yang lebih baik," tuturnya. 

Adapun, faktor dominan optimisme pelaku usaha antara lain dari kondisi pasar, kebijakan pemerintah pusat dan daerah, proses perizinan, dan inflasi. Hampir semua subsektor memiliki ekspektasi atau optimisme yang besar terhadap kondisi bisnisnya di semester I/2024 mendatang. 

Di sisi lain, terdapat industri yang optimismenya melemah yaitu industri barang galian bukan logam sebesar 42,69%. Hal ini diduga akibat kondisi over supply yang terjadi di Indonesia. Sementara itu, investasi baru subsektor ini terus masuk. 

Optimisme rendah juga tercatat pada industri kayu, barang kayu, dan gabus sebesar 49,29%, sedangkan pesimisme tertinggi dan tinggi merupakan ekspektasi dari industri pakaian jadi (23,18%) dan industri tekstil (20,14%). 

Lebih lanjut, sebanyak 24,7% pelaku usaha menyatakan kondisi usahanya stabil selama 6 bulan mendatang. Angka tersebut menurun dari bulan sebelumnya sebesar 26,7%. 

"Terakhir, persentase pesimisme pandangan pelaku usaha terhadap usaha 6 bulan ke depan sebesar 12,9%," pungkasnya. 

Dari sisi kondisi kegiatan usaha Desember 2023, secara umum, kepercayaan industri sejalan dengan persentase pelaku usaha yang menyebutkan kondisi kegiatan usahanya meningkat mencapai 31,8%, meskipun terjadi penurunan dari November 2023 sebesar 31,9%. 

Sementara itu, pelaku usaha yang menyebutkan kondisi usahanya stabil sebesar 46,8% atau turun dari bulan sebelumnya sebesar 46,9%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper