Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sempat Ditutup, TikTok Shop Comeback di RI Usai Gandeng Tokopedia

TikTok Shop kembali beroperasi di Indonesia mulai Selasa (12/12/2023) setelah sempat ditutup pada 4 Oktober 2023 lalu.
Ilustrasi tiktok shop/facebook
Ilustrasi tiktok shop/facebook

Bisnis.com, JAKARTA - TikTok Shop bakal resmi hadir kembali di Indonesia mulai Selasa (12/12/2023) setelah sempat ditutup pada 4 Oktober 2023 lalu.

TikTok Shop mengumumkan kembali beroperasi di Indonesia usai menyepakati kemitraan strategis e-commerce dengan PT GoTo Gojek Tokopedia (GOTO).

Kemitraan strategis ini diawali dengan periode uji coba yang dilaksanakan dengan konsultasi dan pengawasan dari kementerian/lembaga terkait.

Menandai kemitraannya, kedua perusahaan secara perdana akan meluncurkan kampanye ‘Beli Lokal’ pada Selasa (12/12/2023) bersamaan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolans).

Pengumuman tersebut juga disampaikan pihak TikTok kepada para seller atau penjual di TikTok Shop di Indonesia.

“Hari ini dengan senang hati kami umumkan kemitraan strategis antara TikTok dan GoTo dalam rangka mendorong pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia,” tulis TikTok, dikutip Senin (11/12/2023).

Mulai Senin (11/12/2023) pukul 09.00 WIB, penjual atau seller dapat mengakses dan mengelola produk di Seller Center.

Sementara, pelanggan sudah dapat membeli produk melalui Shop Tab, video pendek, dan sesi live di aplikasi TikTok, mulai Selasa (12/12/2023). 

Diberitakan sebelumnya, TikTok Shop kembali hadir di Indonesia usai mengumumkan kemitraan strategis dengan PT Tokopedia pada Senin (11/12/2023). 

Bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia dikombinasikan di bawah PT Tokopedia, di mana TikTok memiliki pengendalian atas PT Tokopedia. Adapun, fitur layanan jual beli dalam aplikasi TikTok Indonesia dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia.

Melalui kemitraan tersebut, TikTok akan menginvestasikan lebih dari US$1,5 miliar, sebagai komitmen jangka panjang perusahaan guna berinvestasi mendukung operasional Tokopedia. 

TikTok menegaskan, investasi tersebut tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GOTO di Tokopedia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper