Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemendag Cecar Promotor soal Aduan Tiket Konser Coldplay Rugikan Konsumen

Kemendag meminta penjelasan promotor konser Coldplay soal penjualan tiket yang dianggap merugikan konsumen.
Grup Musik Coldplay tampil saat Konser bertajuk Coldplay Music of the Spheres World Tour Jakarta di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (15/11/2023). Dalam penampilannya grup musik asal Inggris tersebut  menyanyikan sejumlah lagu hitsnya seperti Paradise dan Vida La Vida. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Grup Musik Coldplay tampil saat Konser bertajuk Coldplay Music of the Spheres World Tour Jakarta di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (15/11/2023). Dalam penampilannya grup musik asal Inggris tersebut menyanyikan sejumlah lagu hitsnya seperti Paradise dan Vida La Vida. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) menindaklanjuti pengaduan konsumen konser coldplay yang merasa dirugikan.

Dalam pertemuannya dengan promotor konser Coldplay, PT Mitra Muda Jaya (PK Entertainment), Kemendag meminta penjelasan dari pihak penyelenggara konser ihwal aduan konsumen yang mengaku tidak bisa masuk saat konser meskipun telah membeli tiket konser pada situs resmi.

Direktur Jenderal PKTN, Moga Simatupang, mengatakan, pihaknya berwenang melakukan pembinaan terhadap pelaku usaha untuk memenuhi hak dan konsumen. Termasuk, pembinaan dan pengawasan di sektor jasa pariwisata dalam bidang promotor musik seperti permasalahan dalam penyelenggaraan Konser Coldplay di Jakarta.

"Kami telah bertemu dan meminta klarifikasi PK Entertainment selaku penyelenggara konser musik tersebut,” ujar Moga dalam keterangan resmi, Minggu (3/12/2023).

Moga mengatakan, para konsumen yang mengalami kerugian atas tiket konser Coldplay yang tidak dapat digunakan itu dapat menunjukkan bukti-bukti yang valid dan menghubungi pelaku usaha melalui surel ke [email protected] untuk diproses lebih lanjut.

Perwakilan Legal PK Entertainment, Joy Munthe, menyatakan bahwa pihaknya bertanggung jawab atas pembelian tiket secara resmi melalui tautan www.coldplayinjakarta.com yang dikirimkan melalui alamat surel konsumen yang terdaftar saat pembelian dalam bentuk tiket-el (electronic ticket).

Di dalam tiket elektronik tersebut terdapat kode unik berupa kode batang (barcode) yang bisa dipindai saat konsumen memasuki lokasi konser.

Adapun permasalahan tiket ganda, kata Joy, disebabkan oleh ulah oknum yang membeli tiket dari situs resmi kemudian menjual kembali kepada pihak lain dengan menduplikasi tiket dan barcode.

"Pemindai hanya akan membaca satu kali kode unik. Apabila terjadi duplikasi, kode unik tersebut tidak dapat digunakan," jelas Joy.

Dia mengaku bahwa pengunjung yang kedapatan tidak memiliki tiket resmi dipersilahkan keluar dari lokasi konser. Joy menegaskan bahwa pengunjung yang bisa masuk ke dalam konser Coldplay saat itu hanya yang dapat menunjukkan tiket elektronik dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera dalam tiket tersebut.

Adapun, pengaduan lainnya yang diterima Ditjen PKTN ihwal penyelenggaraan konser Coldplay pada 15 November 2023 lalu yakni mengenai antrean penonton yang kurang memadai dan berantakan, antrean panjang gerai makanan, serta beberapa pengunjung yang pingsan.

Kendati demikian, PK Entertainment berdalih bahwa mereka sudah menginformasikan mengenai alur antrean, gerbang masuk dan kategori tiket pada tiket elektronik setiap konsumen.

"Hal-hal yang tidak diinginkan tersebut terjadi karena adanya kemungkinan konsumen tidak mengikuti panduan yang telah tercantum," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Rachmawati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper