Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Proyek Strategis Bendungan Margatiga Lampung Ditarget Rampung Tahun Depan

Proyek strategis nasional (PSN) Bendungan Margatiga yang berada di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung ditargetkan rampung pada 2024.
Proyek Bendungan Jragung di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah - Dok. Kementerian PUPR.
Proyek Bendungan Jragung di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah - Dok. Kementerian PUPR.

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan proyek strategis nasional (PSN) Bendungan Margatiga yang berada di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung rampung pada 2024.

Percepatan penyelesaian Bendungan Margatiga tersebut sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Lampung beberapa waktu lalu.

“Untuk Bendungan Margatiga, semakin cepat selesai akan semakin baik. Saya ingin tahun depan sudah rampung, tapi memang masih ada sedikit persoalan di lapangan. Jadi tunggu kami selesaikan terlebih dahulu,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangan resminya, dikutip Selasa (31/10/2023).

Seiring dengan hal itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan bendungan memang ditujukan untuk meningkatkan volume tampungan air sehingga suplai air irigasi ke lahan pertanian terus terjaga, penyediaan air baku dan pengendalian banjir. 

Khusus untuk Bendungan Margatiga, proyek ini mulai dibangun pada tahun 2017 dan diproyeksikan akan meningkatkan jumlah tampungan air serta mendukung lumbung pangan nasional di Provinsi Lampung.

"Pembangunan bendungan akan diikuti dengan pembangunan jaringan irigasiny, sehingga dengan adanya suplai air yang kontinu dari bendungan, petani yang sebelumnya hanya satu kali tanam setahun, bisa bertambah menjadi 2-3 kali tanam,"  kata Menteri Basuki.

Bendungan Margatiga memiliki kapasitas tampung sebesar 42,31 juta meter kubik dengan luas genangan 2.217 hektare (ha) dan tinggi bendungan 22,5 meter. Konstruksinya dilaksanakan oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT) – PT Adhi Karya (Persero) Tbk. (ADHI) secara kerja sama operasi (KSO) dengan total anggaran sebesar Rp850 miliar.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Mesuji Sekampung Roy Panagom menjelaskan bahwa kehadiran Bendungan Margatiga akan bermanfaat langsung dalam pengairan daerah irigasi (DI) di Provinsi Lampung seluas 16.588 ha.

"Di Jabung kiri seluas 5.638 Ha dan potensi DI Jabung kanan seluas 10.950 Ha. Selain itu juga akan menambah pasokan air baku sebesar 0,8 meter kubik per detik untuk Kabupaten Lampung Timur,” jelasnya.

Bendungan Margatiga dibangun dengan konstruksi tipe urugan yang memiliki tinggi panjang puncak 321,76 meter, dan lebar puncak 7 meter.

Bendungan ini juga diproyeksikan dapat mereduksi banjir sebesar 83,10 meter kubik per detik untuk sebagian wilayah di Bandar Lampung dan Lampung Timur, serta memiliki fungsi lain sebagai konservasi air, penggelontoran air yang mencegah air asin, dan potensi pariwisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper