Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Freeport Bangun Mesin Pemecah Material Tambang Raksasa, Produksi Siap 'Ngegas'

Dioperasikannya Crusher 603 di area tambang bawah tanah Grasberg Block Cave dapat menambah kapasitas produksi Freeport Indonesia secara signifikan.
Tambang Freeport/Ilustrasi
Tambang Freeport/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - PT Freeport Indonesia (PTFI) telah menyelesaikan pembangunan Crusher 603 di area tambang bawah tanah Grasberg Block Cave (GBC) dan berpotensi menambah pasokan produksi tambang milik PTFI.

Crusher 603 merupakan mesin pemecah material tambang yang dirancang khusus untuk menangani lumpur basah (wet muck) yang seringkali menghambat proses penambangan di area tambang bawah tanah GBC yang saat ini aktif beroperasi. 

Kepala Teknik Tambang PTFI Carl Tauran mengatakan bahwa secara signifikan mesin ini dapat menambah jumlah kapasitas produksi dari tambang GBC Freeport.

Saat ini, hasil produksi tambang GBC yang dikelola PTFI sudah mencapai rata-rata 120.000 ton per hari. 

“Dengan beroperasinya Crusher 603, GBC dapat memiliki kapasitas rata-rata produksi sebesar 150.000 ton per hari, dan berpotensi mencapai kapasitas puncak sebesar 180.000 ton per hari,” kata Carl melalui siaran pers, Kamis (5/10/2023).

Carl mengapresiasi dedikasi kerja keras seluruh tim PTFI yang berhasil menyelesaikan Crusher 603 lebih cepat dari target awal.  Terlebih, proyek ini banyak dikerjakan putra putri Tanah Air sehingga keberhasilan penyelesaian proyek ini menunjukkan kemampuan dan keahlian tenaga kerja nasional di bidang pertambangan bawah tanah.

“Keberhasilan desain dan konstruksi Crusher 603 ini menunjukkan komitmen PTFI terhadap kemampuan beradaptasi dan inovasi untuk mengatasi hambatan dan memastikan operasi yang efisien,” ucapnya.

Adapun, Crusher 603 dapat meningkatkan efisiensi dan produksi tambang GBC secara signifikan dengan kemampuan untuk menghancurkan sekitar 60.000 ton bijih per hari, serupa dengan model sebelumnya, yaitu Crusher 601 dan 602, tetapi disempurnakan dengan kemampuan untuk menangani lumpur basah.

Penyelesaian pembangunan mesin baru ini menandai tonggak penting upaya PTFI sebagai perusahaan tambang kelas dunia dalam meningkatkan produktivitas serta operasional yang lebih aman dan efisien di area GBC.

Crusher megah dengan tinggi 70 meter, lebar 15 meter, dan panjang 40 meter ini berhasil diselesaikan dalam kurun waktu 14 bulan, lebih cepat 3 bulan dari target yang ditentukan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper