85 Tahun Sinar Mas: Maju Bersama Membangun Negeri

Sinar Mas melalui perjalanan berliku hingga menaungi sejumlah pilar usaha di berbagai sektor industri berlandaskan inovasi dan adaptasi terhadap perubahan zaman
Tjipta UMKM Awards/ Istimewa
Tjipta UMKM Awards/ Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Bermula tahun 1938 di Makassar, Sulawesi Selatan, Sinar Mas telah melalui perjalanan berliku hingga menaungi sejumlah pilar usaha di berbagai sektor industri berlandaskan inovasi dan adaptasi terhadap perubahan zaman.

Selama 85 tahun, Sinar Mas tak lepas dari filosofi kehidupan pendirinya, Eka Tjipta Widjaja yang kini dikenal sebagai Nilai Luhur Sinar Mas, yaitu Integritas, Sikap Positif, Komitmen, Penyempurnaan Berkelanjutan, Inovatif, dan Loyal.

Pada perayaan perjalanan 85 tahunnya, tagar #MajuBersama terpilih guna mewakili niat Sinar Mas untuk bertumbuh bersama dengan masyarakat, juga bangsa, lewat semangat kolaborasi, saling mendukung.

Board Member Sinar Mas, Franky Widjaja menyatakan pentingnya mengadopsi Nilai Luhur Sinar Mas sebagai landasan perusahaan.

“Nilai luhur adalah navigator kita untuk bisa berkelanjutan” ungkapnya dalam sambutan saat puncak perayaan HUT Sinar Mas ke 85 Tahun di Sinar Mas Land Plaza, Jakarta, Selasa (3/10/2023).

Mengusung sejumlah inisiatif, kolaborasi guna #MajuBersama antara lain berlangsung dalam kerangka mendorong UMKM naik kelas dengan memberikan pendampingan melekat lewat naungan skema inclusive closed loop.

Sementara niat konservasi energi ditunjukkan melalui pengembangan energi baru terbarukan berbasis minyak kelapa sawit berkelanjutan sebagai solusi energi hijau.

Dukungan UMKM tampak dalam rangkaian kegiatan perayaan hari jadi yang berisikan gelaran webinar Bincang UMKM: Maju Bersama Wiki Wirausaha, bulan Agustus silam.

Para pelaku usaha, baik besar dan kecil, hadir berbagi pengalaman seputar langkah pendampingan agar potensi kewirausahaan masyarakat mampu berkembang menjadi entitas bisnis berdaya saing.

Seputar transformasi digital pada segenap pilar usaha Sinar Mas, serta pengenalan teknologi ini kepada para mitra binaannya, dipertontonkan pada Sinar Mas Digital Day 2023 yang berlangsung selama 2 hari di ICE BSD City Tangerang Selatan pada Juli lalu.

Di sana, Franky menegaskan bahwa acara ini adalah platform untuk memamerkan inovasi dan model bisnis kolaboratif terbaru dari berbagai sektor perusahaan.

Digitalisasi ini juga membantu mendukung UMKM seiring dengan program peningkatan kelas UMKM. Selain itu, Sinar Mas juga berkontribusi dengan memberikan 7.200 polis asuransi mikro Simas Perlindungan secara gratis kepada UMKM dan nelayan di Banyuwangi, Jawa Timur, sebagai bagian dari upaya #MajuBersama menaikkelaskan UMKM.

Sebagai tuan rumah Digital Day, Sinar Mas Land menunjukkan bagaimana inovasi mereka dalam mengantarkan BSD City sebagai integrated smart city, sebuah kota terpadu dengan dukungan kuat teknologi yang humanis, untuk mempermudah dan meningkatkan kualitas kehidupan warga dan masyarakat sekitarnya.

Adapun, langkah pemerintah mendorong transisi energi serta penyikapan sektor industri, digali lebih dalam saat Forum Dialog: Tren, Inovasi, dan Peluang Energi Terbarukan.

Pemerintah telah menegaskan komitmen mengawal transisi energi secara bertahap agar tidak sampai terjadi krisis, sementara sektor privat yang terlibat dalam pengembangan bahan bakar nabati berbasis minyak kelapa sawit seperti Sinar Mas, memacu inovasi agar mampu menghasilkan biofuel berkelanjutan, termasuk potensi mengembangkannya sebagai bahan bakar pesawat yang ramah lingkungan atau sustainable aviation fuel. Kegiatan ini berlangsung pada bulan September lalu di Jakarta.

Tak saja biofuel, Sinar Mas juga melirik potensi energi surya ketika mewujudkan kolaborasi dengan Trina Solar mendirikan pabrik manufaktur sel surya dan modul surya terintegrasi pertama di Indonesia.

Pabrik ini berdiri di Kawasan Ekonomi Khusus Kendal, Jawa Tengah di penghujung Agustus. Langkah-langkah ini adalah manifestasi dari semangat #MajuBersama dalam transisi menuju energi yang ramah lingkungan.

Kegiatan puncak perayaan berlangsung pada, hari Selasa, (3/10). Dalam kegiatan ini terdapat seremonial rasa syukur, jam-session sejumlah komposisi yang dibawakan oleh band dari pilar usaha yang berlangsung di Sinar Mas Land Plaza, Jakarta.

Selain itu, Tjipta UMKM Fair yang ke-5 dilangsungkan pada saat berbarengan, dengan harapan sesama karyawan dan publik luas dapat mengetahui, membeli ragam produk UMKM binaan Sinar Mas, bahkan akan semakin baik jika ada yang bermitra.

Dengan semangat #MajuBersama, langkah Sinar Mas di usia ke-85, adalah maju lewat kolaborasi, memberikan dampak positif serta berkelanjutan, tak saja ke dalam, namun juga menjangkau masyarakat dan bangsa Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper