Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada LRT Jabodebek, Harga Rumah di Bekasi Makin Mahal!

Harga rumah di wilayah Bekasi, Jawa Barat meningkat seiring dengan beroperasinya LRT Jabodebek.
Kereta LRT Jabodebek melintas di dekat apartemen berorientasi TOD di Jakarta, Selasa (5/9/2023). Bisnis/Himawan L Nugraha
Kereta LRT Jabodebek melintas di dekat apartemen berorientasi TOD di Jakarta, Selasa (5/9/2023). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Harga rumah di wilayah Bekasi meningkat seiring dengan beroperasinya moda transportasi massal baru yakni kereta light rail transit (LRT) Jabodebek.

Mengutip data Flash Report Rumah123.com edisi September 2023, harga rumah di Bekasi tercatat mengalami kenaikan mencapai 5,8 persen. Kenaikan ini menjadi yang tertinggi di wilayah Jabodetabek.

Business Improvement General Manager 99 Group Indonesia, Shafirra Shikka Larasati, mengatakan, keberadaan transportasi massal baru, LRT Jabodebek, cukup berpengaruh terhadap kenaikan permintaan hunian, terutama pada kecamatan terdekat dari stasiun.

“Operasional LRT Jabodebek yang baru saja berlangsung memang belum terlihat mempengaruhi kecamatan-kecamatan di Bekasi dari sisi popularitas secara signifikan," kata Shafirra dalam keterangan resminya, dikutip Senin (25/9/2023).

Shafirra melanjutkan, dalam jangka panjang, diharapkan keberadaan LRT Jabodebek akan meningkatkan popularitas kecamatan-kecamatan Bekasi yang terletak di sekitar kawasan stasiun.

Dia menuturkan saat ini popularitas area Bekasi masih cenderung dipengaruhi pengembangan berskala besar oleh sejumlah pengembang terkemuka, dan lokasinya yang strategis, dekat dari alternatif akses lainnya seperti jalan tol dan transportasi KRL Commuter Line.

Lebih lanjut, 99 Group mencatat bahwa tren permintaan rumah sewa dan jual di Bekasi mengalami peningkatan. Sejak Januari hingga Agustus 2023, permintaan rumah jual tercatat sebesar 82,5 persen dan rumah sewa mencapai 92,8 persen. 

Jika dibandingkan dengan bulan Juli 2023 lalu, pertumbuhannya terbilang signifikan, mencapai 72,8 persen untuk rumah jual dan 41,9 persen untuk rumah sewa. 

Secara lebih rinci, terdapat lima kecamatan populer dalam pencarian hunian di Bekasi, yakni Medan Satria (11,8 persen), Pondok Gede (11 persen), Bekasi Barat (8,3 persen), Jatiasih (8,1 persen) dan Bekasi Utara (6,8 persen). 

Kelima area tersebut dinilai memiliki karakteristik yang mirip, yakni adanya pengembangan komersial dengan dukungan fasilitas publik yang komprehensif, aksesibilitas memadai, dan lokasinya relatif dekat dari Jakarta. 

Adapun, tiga area teratas ditempati oleh wilayah, Medan Satria, Pondok Gede dan Bekasi Barat yang berbatasan langsung dengan Jakarta Timur, sehingga jarak tempuh dari dan ke pusat Jakarta cenderung lebih pendek. 

"Pada area ini juga terdapat pengembangan berskala kecil hingga berskala kota mandiri, sehingga menarik proporsi peminatan lebih besar dibandingkan kecamatan lainnya," ujar Shafirra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper