Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara Lombok Layani 19 Penerbangan Tambahan Selama MotoGP Mandalika

Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid, Lombok menerima 19 penerbangan tambahan pada periode MotoGP Mandalika yang digelar pada 13 Oktober-15 Oktober 2023.
Bandara Lombok/lombok-airport.co.id
Bandara Lombok/lombok-airport.co.id

Bisnis.com, DENPASAR – Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid, Lombok menerima 19 penerbangan tambahan atau extra flight selama periode MotoGP Mandalika yang akan digelar pada 13 Oktober-15 Oktober 2023.

Stakeholder Relation Manager Bandara Lombok, Arif Haryanto menjelaskan pihaknya telah mencatat penerbangan tambahan yang sudah terjadwal berasal dari dua maskapai yakni Garuda Indonesia dan Citilink. Garuda mengajukan 15 extra flight dan Citilink 4 extra Flight. 

“Jadi ada total 19 extra flight selama MotoGP Mandalika,” jelas Arief saat dikonfirmasi Bisnis, Senin (18/9/2023).

Penerbangan tambahan bakal masuk ke Lombok mulai 13 Oktober 2023, semua penerbangan tambahan tersebut berasal dari Jakarta yang membawa para penonton MotoGP ke Mandalika.

Untuk peningkatan layanan, selama MotoGP Bandara Lombok akan beroperasional selama 24 jam.

Adapun, 13 Oktober dan 14 Oktober akan menjadi puncak kedatangan penonton, sedangkan pada 16 dan 17 Oktober akan menjadi arus balik penonton dari Lombok ke Jakarta.

Bandara Lombok juga sudah melakukan persiapan matang mulai dari simulasi penanganan kedaruratan di Bandara hingga simulasi kedatangan penumpang VIP, VVIP hingga kedatangan pesawat kargo.

Untuk keamanan Bandara, Angkasa Pura I telah melibatkan organisasi kebandarudaraan dunia Airports Council International (ACI) melalui program Airport Excellence (Apex) in Security Review.

Program Apex in Security Review juga bertujuan untuk memberikan asistensi bagi pengelola bandara yang menjadi anggota ACI untuk meningkatkan standar keamanan bandara, menyelaraskan antara kepatuhan terhadap peraturan dengan kebutuhan operasional bandara sehari-hari.

“Logistik akan tiba pada 3 Oktober dan 4 Oktober 2023 dari Narita, Jepang dengan menggunakan 4 pesawat kargo,” jelas Arif. 

Berdasarkan data yang dihimpun Bisnis, hingga satu bulan jelang MotoGP, sudah 11.000 tiket terjual dengan berbagai kelas. Hotel dari Mandalika hingga kota Mataram sudah menerima reservasi. Rata-rata 50 persen kamar hotel di kota Mataram sudah terreservasi untuk periode MotoGP.

dalika yang akan digelar pada 13-15 Oktober 2023.

Stakeholder Relation Manager Bandara Lombok, Arif Haryanto menjelaskan hingga saat ini extra flight yang sudah terjadwal berasal dari dua maskapai yakni Garuda dan Citilink. Garuda mengajukan 15 extra flight dan Citilink 4 extra Flight. “Jadi ada total 19 extra flight selama MotoGP Mandalika,” jelas Arief saat dikonfirmasi Bisnis, Senin (18/9/2023).

Penerbangan tambahan bakal masuk ke Lombok mulai 13 Oktober 2023, semua penerbangan tambahan tersebut berasal dari Jakarta yang membawa para penonton MotoGP ke Mandalika. Dengan 19 extra flight, diprediksi belasan ribu orang penonton akan datang dari Jakarta.

Untuk peningkatan layanan, selama MotoGP Bandara Lombok akan beroperasional selama 24 jam. Jika dilihat dari jadwal, tanggal 13 dan 14 Oktober akan menjadi puncak kedatangan penonton, sedangkan pada 16 dan 17 Oktober akan menjadi arus balik penonton dari Lombok ke Jakarta.

Bandara Lombok juga sudah melakukan persiapan matang mulai dari simulasi penanganan kedaruratan di Bandara hingga simulasi kedatangan penumpang VIP, VVIP hingga kedatangan pesawat kargo. Untuk keamanan Bandara, Angkasa Pura I telah melibatkan organisasi kebandarudaraan dunia Airports Council International (ACI) melalui program Airport Excellence (Apex) in Security Review.

Program Apex in Security Review juga bertujuan untuk memberikan asistensi bagi pengelola bandara yang menjadi anggota ACI untuk meningkatkan standar keamanan bandara, menyelaraskan antara kepatuhan terhadap peraturan dengan kebutuhan operasional bandara sehari-hari.

Sementara itu, untuk logistik akan tiba di Bandara Lombok pada awal Oktober 2023 dari Narita, Jepang. “Logistik akan tiba pada 3 dan 4 Oktober 2023 dari Narita, Jepang dengan menggunakan 4 pesawat kargo,” jelas Arif. 

Dari informasi yang dihimpun Bisnis, hingga satu bulan jelang MotoGP, sudah 11.000 tiket terjual dengan berbagai kelas. Hotel dari Mandalika hingga kota Mataram sudah menerima reservasi. Rata - rata 50 persen kamar hotel di kota Mataram sudah mendapat reservasi untuk periode MotoGP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper