Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SPBU BP Sudah Setop Jual BBM Setara Pertalite, Ini Alasannya

BP-AKR resmi menghentikan penjualan bahan bakar minyak (BBM) RON 90 atau setara dengan Pertalite, yakni BP 90 sejak 1 Agustus 2023.
SPBU BP-AKR. Istimewa/Humas BP
SPBU BP-AKR. Istimewa/Humas BP

Bisnis.com, JAKARTA — Stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) milik BP-AKR resmi menghentikan penjualan bahan bakar minyak (BBM) RON 90 atau BP 90. Penghentian penjualan BBM setara Pertalite milik Pertamina itu dilakukan sejak 1 Agustus 2023. 

Presiden Direktur BP-AKR Vanda Laura mengatakan, keputusan tersebut diambil sebagai bentuk komitmen perusahaan untuk menyajikan produk bernilai oktan tinggi atau rendah emisi. 

“Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan penggunaan bahan bakar berkualitas dengan RON yang lebih tinggi dan dalam upaya mendukung kualitas udara yang lebih baik,” kata Vanda saat dikonfirmasi, Selasa (12/9/2023). 

Vanda menuturkan, produk BP 90 itu tidak lagi dijual di seluruh jaringan SPBU milik BP-AKR yang tersebar di wilayah Jabodetabek dan Jawa Timur. 

“Saat ini, produk bahan bakar berkualitas yang tersedia di seluruh jaringan SPBU BP adalah adalah BP Ultimate, BP 92 dan BP Diesel,” kata dia. 

Dia menegaskan BP-AKR berkomitmen untuk menghadirkan BBM dengan nilai oktan tinggi selanjutnya untuk pasar Indonesia. 

“BP-AKR senantiasa berkomitmen dalam menghadirkan bahan bakar berkualitas yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dan mendukung mobilitas harian para pengendara di Indonesia,” kata dia. 

Seperti diberitakan sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tengah mengkaji sejumlah paket kebijakan untuk mendorong peralihan konsumsi BBM oktan lebih tinggi atau ramah lingkungan di tengah masyarakat. 

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan, kajian itu dilakukan untuk mengurangi intensitas emisi yang dihasilkan dari sektor transportasi sebagai salah satu penyumbang polusi udara yang signifikan di sejumlah kota besar saat ini.  

Selain itu, Arifin menambahkan, kementeriannya turut menyampaikan komitmen untuk meningkatkan kualitas produksi BBM domestik yang berasal dari kilang-kilang PT Pertamina (Persero) saat ini. 

Harapannya, sejumlah penyulingan minyak mentah milik perusahaan pelat merah itu nantinya dapat menghasilkan BBM yang lebih ramah lingkungan.  

“Kami sedang melakukan pendalaman untuk segera supaya memang diambil langkah menyediakan BBM yang ramah lingkungan itu juga mengacu pada pengalaman di tempat lain,” kata Arifin saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (28/8/2023). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper