Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PM Kanada Justin Trudeau Tawarkan Dua Produk Menarik di KTT Asean 2023, Energi dan Pangan

Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau menyatakan negaranya siap untuk memasok pangan dan energi bagi negara-negara Asean.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau di Istana Merdeka, Selasa (5/9/2023)./Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau di Istana Merdeka, Selasa (5/9/2023)./Biro Pers Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA –– Kanada menawarkan dua produk unggulan bagi negara Asean yang terdiri dari Indonesia dan 10 anggota lainnya. Penawaran ini di sampaikan dalam Asean-Kanada Summit pada rangkaian KTT ke-43 Asean di Jakarta .

Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau menyatakan negaranya siap untuk memasok pangan dan energi bagi negara-negara Asean di tengah tekanan perang Rusia-Ukraina. 

Trudeau mengatakan melihat dengan perang Rusia-Ukraina memperburuk tantangan seperti kerawanan pangan di seluruh dunia, termasuk di wilayah Asean. Pihaknya siap menyambut baik terkait kerja sama yang lebih erat dalam hal ketahanan pangan pada tahun-tahun mendatang.

“Kanada dapat membantu dalam berbagai cara yang dapat kami kontribusikan untuk ketahanan pangan dan energi. Kami adalah mitra dagang yang dapat diandalkan,” ungkapnya dalam Asean-Kanada Summit pada rangkaian KTT ke-43 Asean di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (6/9/2023). 

Sebagaimana diketahui, Kanada merupakan salah satu negara penghasil serealia yang dibutuhkan oleh masyarakat Asean. Setelah imbas dari perang Rusia-Ukraina yang menutup jalur perdagangan sereal. Produk yang masuk dalam kategori serealia adalah Quinoa, Biji gandum, oat, sorgum, beras, jagung, hingga padi.

Menurut data Bank Dunia, produk sereal secara global pada 2021 mencapai 3,07 miliar metrik ton (mt). Di mana Kanada memproduksi sebesar 46,7 juta mt. Sementara China, Amerika Serikat, India, dan Rusia menduduki empat teratas dalam produksi serealia. 

Meski jarak antara Kanada dan Asean menantang, Trudeau melihat bahwa hubungan kedua kawasan terus terjalin dan tetap dekat karena menghadapi kondisi ekonomi yang sama di tengah tekanan global. 

“Banyak orang yang berkomentar tentang betapa jauhnya jaraknya dan betapa panjang dan melelahkannya perjalanan untuk datang ke sini [Indonesia]. Namun, terlepas dari jarak geografisnya, beberapa tahun terakhir ini telah menunjukkan kepada kita betapa terhubung dan dekatnya kita semua, hal-hal yang terjadi di sudut mana pun di dunia sekarang memengaruhi setiap sudut dunia,” tambahnya. 

Dari sisi energi, Trudeau juga tak segan menawarkan Kanada sebagai tempat berinvestasi terkait energi terbarukan. 

Dirinya melihat Asean dapat memanfaatkan keahlian sektor swasta Kanada dan berinvestasi dalam pertumbuhan yang menguntungkan semua pihak, termasuk melalui peningkatan kapasitas teknis untuk mengatasi perubahan iklim. 

“Kami adalah tujuan investasi yang sangat baik.Kami telah melihat banyak kemajuan dalam berbagai inisiatif dari strategi Indo Pasifik kami yang akan membawa manfaat bersama bagi Asean dan Kanada,” ujarnya. 

sebagai infromasi, Kanada merupakan negara yang kaya akan sumber daya minyak dan gas alam serta memiliki industri kendaraan bermotor yang besar, ekspor utama Kanada ialah Kendaraan bermotor dan suku cadangnya, mesin dan peralatan, produk teknologi tinggi, minyak, gas alam, logam, serta produk kehutanan dan pertanian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper