Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Wilayah yang Diklaim 'Kota Baru' di Palembang

Di Palembang ada wilayah yang diklaim sebagai kota baru, simak lengkapnya
Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung) - Dok. BPJT
Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung) - Dok. BPJT

Bisnis.com, JAKARTA – Kawasan Seberang Ulu di Palembang diklaim memiliki mengalami kemajuan yang cukup signifikan untuk perkembangan industri properti.

Nata Susanto, Direktur Terrakon Properti, menilai jika kawasan Palembang Timur atau Ulu ini punya potensi besar menjadi kawasan pertumbuhan ekonomi baru dengan sentra aktivitas di Jakabaring.  

Dia menuturkan kawasan ini terkoneksi dengan adanya akses Tol Trans-Sumatera ruas Palembang-Indralaya yang berada yang membuat akses peluang investasi di Jakabaring dinilai akan semakin terbuka lebar.

“Kawasan Jakabaring ini memang tengah bergerak menjadi kota baru di Palembang Timur. Lokasinya dekat  dengan stasiun LRT Jakabaring. Kawasan Palembang Ulu ini disiapkan menjadi Kota madya baru dan akan  menjadi pusat pemerintah,” terangnya, Selasa (5/9/2023).

Pasalnya, dia menyebut  lokasi ini akan dibangun Gedung DPRD, Kejaksaan Tinggi, hingga Bank Sumsel Babel. Selain itu  juga akan dilengkapi berbagai fasilitas pendidikan dan rumah sakit.

Berdasarkan kacamata pengembang, dia juga melihat banyak tren positif di sana, seperti, banyaknya pembangunan infrastruktur baru.

Kemudian  perkembangan teknologi untuk manajemen properti di wilayah itu. Dengan segala kelebihan yang ada di Palembang, khususnya wilayah Ulu Jakabaring, Nata mengaku optimistis dengan pertumbuhan minat investasi properti masyarakat di sana.

“Kami masih melihat optimisme untuk meluncurkan produk baru yang dalam waktu dekat. Yang terjadi kini di Palembang ialah adanya dorongan permintaan properti yang cukup tinggi, hal ini  menjadi peluang bagi para investor untuk mengembangkan properti di kawasan yang sedang berkembang,” imbuhnya.

Banyak pihak menilai jika kawasan Ulu Jakabaring ini memiliki kemiripan potensi untuk berkembang seperti kawasan serpong tangerang dengan sokongan infrastruktur yang cukup memadai seperti adanya kantor pemerintahan, transportasi yang teritegrasi seperti Transmusi yang melewati hingga jalan tegal binangun.  lalu adanya rangkaian Light Rail Transit dengan depo stasiunnya juga berada di tegal binangun Jakabaring.

Sementara itu, di bidang pendidikan kawasan seberang ulu memiliki beberapa sekolah dan Universitas yang  cukup besar berdiri di kawasan jakabaring dan sekitar, sebut saja di tahun 2020 ini ada universitas negeri  yang segera diresmikan yaitu Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Poltekpar Palembang, lalu  ada Universitas Muhammadiyah Palembang, Universitas PGRI Palembang serta Universitas Bina Darma.

Kawasan Jakabaring juga telah memiliki bisnis Hotel dan Mall yang cukup besar, sebut saja OPI Mall dan 

Wyndham Hotel, bukan hanya kawasan seberang ilir saja yang sedang gencar - gencarnya melakukan pembangunan akan tetapi investor juga telah memiliki fokus terendiri untuk kawasan seberang ulu terutama kawasan Jakabaring.

Apalagi, kota Palembang disebut sebagai kota terpadat dan terbesar kedua setelah kota Medan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper