Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang KTT Asean, Bandara Soekarno Hatta Disiapkan Sambut Tamu Negara

Bandara Soekarno Hatta disiapkan untuk menyambut tamu KTT Asean 2023.
Suasana di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Terminal 3, Jumat, (21/4/2023) - BISNIS/Rizqi Rajendra.
Suasana di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Terminal 3, Jumat, (21/4/2023) - BISNIS/Rizqi Rajendra.

Bisnis.com, JAKARTA -- Terminal VVIP Bandara Soekarno Hatta disiapkan umtuk melayani kedatangan para tamu negara jelang penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 Asean pada 5 September 2023 -7 September 2023.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan dukungan dari sektor transportasi berjalan baik untuk menyukseskan gelaran KTT Asean, khususnya kesiapan terminal VVIP untuk menyambut para tamu negara dan delegasi.

Dia pun telah melakukan pengecekan terminal 3 VVIP dan Commercial Important Person (CIP) yang berada di Terminal 1.

“Kami melakukan koordinasi dengan para pemangku kepentingan terkait kesiapan rencana flow kendaraan, parking stand pesawat, aircraft and delegation, serta pengaturan jadwal kedatangan dan keberangkatan pesawat,” terangnya melalui keterangan resmi, Rabu (30/8/2023).

Dia pun juga berkoordinasi intensif dengan berbagai pihak seperti ground handling, keimigrasian, serta pihak terkait lainnya, agar penerbangan VVIP maupun reguler bisa berjalan lancar.

Menhub mengatakan pemerintah ingin memberikan kesan yang baik bagi para tamu negara dan menjaga nama baik Indonesia yang sedang mendapat  kepercayaan tinggi dari dunia internasional untuk menyelenggarakan event pertemuan dunia seperti G20 dan KTT Asean.

Pada KTT Asean ini, sejumlah pemimpin negara dan delegasi dalam dan luar negeri yang akan hadir berasal dari negara-negara anggota ASEAN, negara mitra wicara, para duta besar negara sahabat dan organisasi internasional di Jakarta, perwakilan kementerian dan lembaga, BUMN, serta stakeholders sektor transportasi.

Diperkirakan akan hadir 27 pemimpin negara dan organisasi internasional, termasuk pemimpin negara peserta East Asia Summit (EAS), pemimpin Pacific Island Forum (PIF), pemimpin Indian Ocean Rim Association (IORA), serta Direktur Eksekutif Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia.

Sebelumnya, berdasarkan keterangan resminya, Panglima Komando Gabungan Wilayah (Pangkogabwilhan) I Laksdya TNI Erwin S. Aldedharma saat memberikan laporannya kepada Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, menyatakan bahwa Operasi Pengamanan (Pam) VVIP terhadap presiden, wakil presiden, dan tamu negara setingkat kepala negara atau kepala pemerintahan akan dilaksanakan selama sembilan hari. Dimulai tanggal 1 hingga 9 September 2023 di wilayah Jakarta.

Pengamanan dalam kegiatan VVIP ini terdiri dari beberapa ring. Ring 1 oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Sementara ring 2 dan 3 dilakukan oleh pasukan kewilayahan.

Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) pun telah melakukan simulasi pengamanan kepala negara peserta KTT Asean ke-43 di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, pada Senin (28/8/2023).

Simulasi tersebut dilakukan untuk memastikan kesiapan petugas mengawal tamu negara VVIP yang akan menghadiri KTT ke-43 Asean di Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper