Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asean IB Summit 2023 Sepakati Empat Rencana Aksi Dongkrak Inklusivitas Bisnis UMKM

Asean IB Summit menghasilkan empat rencana aksi yang telah diesepakati oleh negara anggota Asean untuk menciptakan inklusif bisnis UMKM di kawasan Asean.
Ibu Negara Iriana Jokowi mempromosikan produk-produk UMKM Indonesia./istimewa
Ibu Negara Iriana Jokowi mempromosikan produk-produk UMKM Indonesia./istimewa

Bisnis.com, BADUNG - Asean Inclusive Business Summit 2023 menghasilkan empat rencana aksi yang telah diesepakati oleh negara anggota Asean. Khususnya rencana aksi untuk menciptakan inklusif bisnis UMKM di kawasan Asean. 

Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM, Siti Azizah memyebutkan empat rencana aksi yang disepakati itu antara lain kebijakan aksi; pengembangan bisnis inklusif; akses pembiayaan UMKM; dan hub bisnis inklusif. 

"Semua negara menyampaikan programnya dan keliatannya semua sama. Jadi kita satu bahasa lah untuk Asean," ujar Azizah saat ditemui dalam penutupan Asean Business Summit di kawasan Nusa Dua, Kamis (24/8/2023).

Para delegasi negara-negara Asean juga mengakui bahwa sudah saatnya mempromosikan kekuatan regional di kancah global. Asean dengan jumlah penduduk yang besar dianggap berpotensi menjadi produsen barang-barang kebutuhan global.

"Jangan sampai kita hanya dijadikan market aja," tutur Azizah. 

Kendati demikian, untuk merealisasikan kesepakatan Asean IB 2023 menjadi aksi nyata diperlukan serangkaian working group. Target pertama adalah pembentukan kelembagaan pembiayaan UMKM dan hub bisnis inklusif untuk kawasan Asean. 

Oleh karena itu, para anggota Asean perlu memastikan keberlanjutan komitmen mereka dalam mencapai inklusivitas bisnis di kawasan Asean. 

"Memang semua negara pasti memiliki IB (Inclusive Business) tapi belum tentu mereka menjalakannya atau promoting sesuai rencana aksi kita," tuturnya.

Adapun kesepakatan Asean IB Summit 2023 ditargetkan bakal terus dilanjutkan di Asean IB Summit tahun depan di bawah keketuaan Laos.

Pasalnya, Azizah mengatakan bahwa sejak awal pihaknya sebagai tuan rumah pelaksanaan Asean IB 2023 menegaskan kepada para anggota Asean bahwa pertemuaan ini bukan sekadar seremonial, tapi komitmen untuk aksi nyata membangun konektivitas bisnis inklusif untuk UMKM di Asean.

"Ini sudah kita tunjukkan bahwa 4 rencana aksi ini sudah kita sepakati sama-sama, itu yang harus kita jalani," kata Azizah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Rachmawati
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper