Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penerima Beasiswa LPDP Masih Minim, Sri Mulyani: Baru 0,1 Persen dari Penduduk RI

Saat ini tercatat sekitar 200.000 orang penerima beasiswa LPDP. Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan jumlah itu masih sangat minim.
Ilustrasi Beasiswa LPDP 2022/LPDP Kemenkeu RI
Ilustrasi Beasiswa LPDP 2022/LPDP Kemenkeu RI

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan bahwa total penerima beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) masih sangat minim.

Dia mengatakan, LPDP hingga saat ini telah menyekolahkan atau memberikan beasiswa kepada sebanyak 40.174 penerima, belum termasuk pemberian beasiswa melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, serta Kementerian Agama.

Tercatat, melalui Kemendikbud, telah diberikan beasiswa bagi sebanyak 159.752 penerima dan melalui Kementerian Agama sebanyak 20.089 penerima.

“Jadi, total penerima LPDP ada 200.000 kira-kira yang sedang menerima beasiswa,” kata Sri Mulyani dalam acara Puncak LPDP Festival 2023,” Kamis (3/8/2023).

Sri Mulyani menyampaikan bahwa jumlah penerima beasiswa tersebut masih sangat rendah, yaitu baru 0,1 persen dari jumlah penduduk Indonesia.

“Dengan jumlah penerima 200.000 mahasiswa yang telah mendapatkan beasiswa LPDP, ini kalau dalam persentase penduduk, baru 0,1 persen dari penduduk Indonesia,” katanya.

Menurutnya, jumlah penerima beasiswa tersebut perlu terus ditingkatkan ke depannya untuk mendukung kemajuan Tanah Air, terutama dalam mencapai visi Indonesia Emas 2045.

“Kalau Indonesia ingin maju terus menjadi negara dengan pendapatan tinggi, menuju visi Indonesia Emas 2045, 0,1 persen belum cukup. Jadi, perjalanan kita dan tantangan kita masih besar,” jelasnya.

Untuk diketahui, hingga saat ini, tercatat dana abadi yang dikelola LPDP telah mencapai Rp139,1 triliun. Pada awal pembentukannya pada 2011, dana yang dikelola hanya sebesar Rp1 triliun.

Selain pemberian beasiswa, Sri Mulyani mengatakan bahwa LPDP juga telah memberikan dana penelitian untuk sebanyak 2.426 proyek riset.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper