Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Masuk Tahun Politik, Grup Sahid Patok Okupansi Hotel Lebih dari 60 Persen

Sahid Hotel menargetkan tingkat hunian kamar atau okupansi di atas 60 persen pada saat memasuki tahun politik.
Hotel Sahid Makassar. hotelsahidmakassar
Hotel Sahid Makassar. hotelsahidmakassar

Bisnis.com, JAKARTA - Sahid Hotel menargetkan tingkat hunian kamar atau okupansi di atas 60 persen pada saat memasuki tahun politik.

Hal tersebut diungkapkan Corporate Assistant Manager of Business Development & Digital Marketing Sahid Hotels Andi Anggreni saat ditemui di Wisma Bisnis Indonesia, Jumat (21/7/2023).

“Target kita di atas 60 persen. Kalau bisa mencapai 70 persen lebih bagus,” katanya, Jumat (21/7/2023).

Andien menyampaikan, untuk semester II/2023 pihaknya tidak banyak melakukan revisi anggaran mengingat jelang pesta demokrasi tingkat permintaan hotel akan untuk kegiatan-kegiatan politik, seperti pertemuan akan meningkat.

Sahid Hotel juga telah menyiapkan strategi untuk menyambut tahun politik. Misalnya, dengan mengadakan kerja sama dengan pihak-pihak yang memerlukan akomodasi baik dari sisi kamar atau ruangan pertemuan dalam rangka persiapan untuk kebutuhan kegiatan politik.

Di sisi lain, okupansi hotel rata-rata di semua Sahid Hotel mencapai 50 hingga 65 persen pascapandemi Covid-19. Okupansi yang mencapai 65 persen ini salah satunya di dorong oleh libur panjang pada Juni.

“Secara general [okupansinya] 50-65 persen, apalagi waktu long weekend kemarin,” ujarnya. 

Sementara itu, untuk area-area resor yang berlokasi di wilayah destinasi wisata, okupansi tercatat mencapai 70 hingga 80 persen. Resor dengan okupansi tinggi tersebut umumnya berlokasi di Jakarta, Pangandaran, Yogyakarta, dan Solo, dan juga di Kendari, serta Batam.

Andien juga mengakui adanya pergeseran penyediaan tren penyediaan layanan. Sahid Hotel menyediakan satu paket komplit untuk para pengunjung yang nantinya tidak hanya datang untuk menginap, tetapi untuk liburan.

Misalnya, dengan menyediakan aktivitas-aktivitas seperti nonton bareng atau nobar untuk anak-anak, kelas memasak, kelas berenang, dan aktivitas menarik lainnya. 

Terbaru, Grup Sahid mengembangan bisnisnya di sektor food and beverage (f&b), dengan membuka Le Manah Cafe di Puncak Leuwiliang Bogor, Jawa Barat. Le Manah Cafe ini merupakan bagian dari Adiroso Managed bu Sahid, hotel yang berdiri di kawasan seluas 72 hektare yang dilengkapi sejumlah fasilitas seperti kolam renang, ballroom, penangkaran rusa, pemancingan ikan, dan lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela
Editor : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper