Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara Kertajati Beri Manfaat Buat Jemaah Haji di Wilayah Ini

Kemenhub menyebut jemaah haji ikut merasakan manfaat akan kehadiran Bandara Kertajati sebagai embarkasi dan debarkasi haji.
Bandara Kertajati./ Dok. Kemenhub
Bandara Kertajati./ Dok. Kemenhub

Bisnis.com, JAKARTA – Kehadiran Bandara Kertajati sebagai embarkasi dan debarkasi haji semakin mempermudah pergerakan jemaah di wilayah Majalengka dan sekitarnya.

Sebagai informasi, Bandara Kertajati menjadi salah satu dari 13 embarkasi selama periode ibadah haji 2023. Tahun ini juga menjadi tahun pertama Kertajati menjadi bandara embarkasi haji.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) M. Kristi Endah Murni menuturkan, sebelum ditetapkannya Kertajati sebagai embarkasi dan debarkasi haji, jemaah haji yang berasal dari Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan atau Ciayumajakuning diberangkatkan melalui Bandara Soekarno-Hatta

Dia menjelaskan, para jemaah pun harus menempuh perjalanan darat sekitar 3-4 jam menuju bandara yang terletak di wilayah Cengkareng, Tangerang tersebut sebagai bandara embarkasi dan debarkasi.

"Sekarang, jemaah dari wilayah Ciayumajakuning tidak perlu jauh-jauh lagi ke Bandara Soekarno-Hatta, karena Bandara Kertajati telah hadir melayani para jemaah haji, umrah dan penerbangan reguler," jelas Kristi dalam keterangan resminya, Selasa (11/7/2023).

Kristi berharap, operasional penerbangan di Bandara Kertajati yang sudah ada akan terus meningkat, dan dapat menjadi stimulus agar maskapai lain dapat membuka rute penerbangan baru baik domestik dan internasional. 

Apalagi, dengan selesainya Tol Cisumdawu yang dalam waktu dekat akan diresmikan, akan sangat membantu percepatan pertumbuhan ekonomi dan akses jalan ke Bandara Kertajati.

Adapun, Kristi menambahkan, sebanyak 374 jemaah haji kloter 2 asal Kabupaten Indramayu kembali ke tanah air melalui debarkasi Bandara Kertajati pada Senin (10/7/2023) kemarin.

Kristi mengatakan jajarannya terus melakukan pengawasan melalui para inspektur untuk memastikan keselamatan, keamanan, serta pelayanan penerbangan kepada para jemaah haji agar berjalan optimal.

"Kedatangan para jemaah haji kloter kedua di Kertajati berlangsung lancar. Para inspektur telah di tugaskan di seluruh bandara debarkasi haji, salah satunya Kertajati agar para jemaah haji mendapatkan pelayanan terbaik," ujar Kristi.

Jemaah haji yang diberangkatkan dari Madinah menggunakan maskapai Saudi Airlines ini tiba pada pukul 18.50 WIB, dan langsung melalui proses imigrasi lalu diangkut menggunakan bus menuju Indramayu.

Dia menuturkan, serangkaian proses pemeriksaan dilakukan jemaah haji sesuai dengan skema kedatangan internasional. Petugas bandara senantiasa membantu para jemaah khususnya yang berusia lanjut untuk dapat menciptakan Haji Ramah Lansia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper