Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Norwegia Temukan Harta Karun 70 Miliar Ton Fosfat, Apa Manfaatnya Untuk Kendaraan Listrik?

Berikut rincian manfaat dari penggunaan fosfat untuk industri baterai dan kendaraan listrik.
Penampakan mineral fosfat. Scott Audette/REUTERS
Penampakan mineral fosfat. Scott Audette/REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan Norge Mining baru-baru ini menemukan cadangan 70 miliar ton mineral fosfat di Norwegia. Penggunaan fosfat untuk kendaraan listrik sendiri semakin kian populer. 

Mengutip pemberitaan Visual Capitalist yang dikutip Senin (10/7/2023), meskipun teknologi kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) telah berkembang dengan cepat dalam beberapa tahun terakhir, baterai selalu menjadi komponen yang penting. 

Bahkan, baterai lithium iron phosphate (LFP) menjadi pilihan yang populer untuk kendaraan listrik standar. Contohnya, Tesla dan Ford selaku produsen otomotif besar memperkenalkan kendaraan dengan LFP dalam katalog mereka. 

Tak hanya itu, mengutip pemberitaan The Independent, Jumat (7/7) 70 miliar ton fosfat yang baru ditemukan dapat memenuhi kebutuhan baterai dan panel surya selama 100 tahun kedepan secara global. 

Lantas apa saja manfaat jika menggunakan baterai baterai katoda LFP dalam EV? Berikut detailnya yang telah dirangkum Bisnis, dikutip dari Visual Capitalist, Senin (10/7):

1. Keamanan

Baterai LFP merupakan salah satu jenis baterai lithium-ion yang paling aman, yakni risiko panas berlebih dan terbakar yang rendah. Baterai LFP kurang rentan terhadap pelarian termal dan tidak melepaskan oksigen jika terbakar. Hal ini membuat baterai LFP lebih aman dibandingkan baterai lithium-ion lainnya.

2. Siklus Hidup Panjang 

Baterai ini memiliki masa pakai yang lebih lama daripada jenis baterai lithium-ion lainnya karena memiliki tingkat degradasi yang rendah sehingga dapat diisi dengan cepat tanpa kerusakan baterai yang signifikan. 

Kemudian, baterai LFP juga dapat bertahan lebih lama sebelum perlu diganti karena dapat menahan siklus pengisian dan pengosongan dalam jumlah yang lebih besar. 

3. Hemat Biaya

Bahan yang digunakan untuk memproduksi baterai LFP juga lebih murah dibandingkan jenis baterai lithium-ion lainnya.

Bahan katoda utama yang digunakan dalam baterai LFP adalah besi dan fosfat, sehingga relatif melimpah dibandingkan logam baterai lainnya. 

Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang hemat biaya untuk berbagai aplikasi penyimpanan energi.

4. Ramah Lingkungan 

Baterai LFP ramah lingkungan karena tidak beracun dan tidak mengandung logam berbahaya seperti kobalt atau nickel. 

Bahan yang digunakan dalam baterai ini dikatakan lebih mudah didapatkan secara etis, sehingga dapat menjadi pilihan yang lebih berkelanjutan daripada jenis baterai lithium-ion lainnya.

Lebih Rinci Mengenai Baterai LFP

Sebagian besar EV menggunakan paket baterai yang terdiri dari beberapa sel baterai individual. Sel baterai LFP terdiri dari beberapa komponen, dan paling besar adalah komponen katoda sebesar 43 persen. 

Pada baterai LFP, komposisi katoda terdiri dari tiga elemen dengan Fosfat yang paling besar yakni sebanyak 61 persen. Kemudian diikuti dengan besi sebesar 35 persen dan lithium sebesar 4 persen. 

Menurut International Energy Agency (IEA), saat ini baterai LFP semakin populer di model EV standar. Pangsa pasar LFP telah meningkat secara signifikan, mencapai pangsa pasar tertinggi dalam dekade terakhir yakni sebesar 30 persen dari pasar pada 2022. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper