Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini 10 Mata Uang Terlemah di Dunia 2023, Rupiah Nomor Berapa?

Berikut daftar 10 mata uang terlemah di dunia pada 2023 dari Iran hingga Uganda. Ada mata uang Indonesia?
Karyawan menghitung mata uang rupiah dan dolar AS di Jakarta, Senin (1/7/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam
Karyawan menghitung mata uang rupiah dan dolar AS di Jakarta, Senin (1/7/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Forbes telah merilis daftar mata uang terlemah di dunia pada 2023 dengan konversi terhadap dolar Amerika Serikat (AS).Dalam daftar tersebut, Forbes memaparkan 10 mata uang internasional terlemah, berdasarkan jumlah dolar AS yang dapat dibeli dengan satu unit dari setiap mata uang. 

Kurs pertukaran ini sendiri juga didapatkan dari data Open Exchange pada Kamis (3 Juli 2023).

Untuk itu, berikut 10 daftar mata uang internasional terlemah berdasarkan jumlah dolar AS yang telah dirangkum dan dikutip oleh Bisnis.com, Selasa (4/7/2023).

Daftar 10 Mata Uang Terlemah di Dunia:

1. Rial Iran (IRR)

Konversi: 1 rial = US$0,000024 / US$1 = 42.300 rial Iran 

Mata uang Iran sendiri melemah dikarenakan terkena sanksi ekonomi. Hal ini meliputi sanksi yang diberlakukan AS pada tahun 2018 dan sanksi ekonomi dari Uni Eropa yang telah dilakukan berulang kali. Kemudian, Iran juga mengalami kerusuhan politik dan tingkat inflasi tahunan yang telah mencapai 40 persen. Hal ini kemudian membuat nilai mata uang Iran menjadi melemah. 

Bank Dunia sendiri menyimpulkan bahwa risiko terhadap prospek ekonomi Iran tetap signifikan. 

2. Dong Vietnam (VND)

Konversi: 1 dong = US$0,000043 / US$1 = 23.485 dong Vietnam

Mata uang Vietnam telah melemah lantaran pasar real estate yang buruk, adanya pembatasan investasi asing dan perlambatan aktivitas ekspor. Namun Bank Dunia mengatakan Vietnam telah beralih dari salah satu negara termiskin di dunia menjadi negara berpenghasilan menengah ke bawah. “Vietnam sekarang adalah salah satu negara berkembang paling dinamis di kawasan Asia Timur.” ucap Bank Dunia. 

3. Kip Laos (LAK) 

Konversi: 1 kip = US$0,000057 / US$1 = 17.692 kip Laos

Laos sendiri telah mengalami perlambatan ekonomi dan menghadapi kewajiban utang luar negeri. Kemudian, faktor lemahnya mata uang laos sendiri termasuk harga minyak dan komoditas global lain yang tinggi. 

Dewan Hubungan Luar Negeri sendiri mengatakan bahwa upaya-upaya baru dari pemerintah untuk mengendalikan inflasi, utang dan jatuhnya mata uang negara telah dianggap buruk dan kontraproduktif. 

4. Leone Sierra Leone (SLL) 

Konversi: 1 leone = US$0,000057 / US$1 =17.665 leon Sierra Leone

Faktor yang membuat mata uang Afrika Barat Ini melemah adalah inflasi yang melebihi 43 persen pada April 2023, pelemahan ekonomi dan kewajiban utang yang besar. 

Sedangkan, pengamat berpendapat bahwa faktor lainnya meliputi efek berkepanjangan dari wabah Ebola 2010, perang saudara sebelumnya, ketidakpastian politik dan korupsi publik yang meluas. “Perkembangan ekonomi Sierra Leone telah dibatasi oleh guncangan global dan domestik yang bersamaan,” ucap Bank Dunia.

5. Pound Lebanon (LBP) 

Konversi: 1 pound = US$0,000067 / US$1 = 15.012 pound Lebanon

Pound lebanon merosot ke rekor terendah terhadap dolar AS pada Maret 2023. Mata uang Lebanon sendiri melemah akibat ekonomi yang tertekan, tingginya pengangguran secara historis, krisis perbankan, kekacauan politik dan inflasi. Sebagaimana diketahui, harga di Lebanon juga melonjak sekitar 171 persen pada 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper