Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Poles Pelabuhan Merak dan Bakauheni, ASDP Kucurkan Rp27 Miliar

PT ASDP Indonesia Ferry mengucurkan investasi hingga Rp27 miliar untuk poles Pelabuhan Merak dan Bakauheni.
Tangkapan layar kondisi di area parkir Pelabuhan Merak pada Kamis (20/4/2023) dari Posko Lebaran 2023 Kemenhub - BISNIS/Khadijah Shahnaz Fitra.
Tangkapan layar kondisi di area parkir Pelabuhan Merak pada Kamis (20/4/2023) dari Posko Lebaran 2023 Kemenhub - BISNIS/Khadijah Shahnaz Fitra.

Bisnis.com, JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) akan menambah fasilitas penunjang bagi pengguna jasa di Pelabuhan Merak dan Bakauheni. Dana investasi senilai sekitar Rp27 miliar telah disiapkan perseroan untuk peningkatan fasilitas tersebut.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, sejumlah infrastruktur penunjang yang akan ditambah pada kedua pelabuhan tersebut di antaranya access bridge penghubung terminal eksekutif, penyediaan garbarata dermaga eksekutif II, penambahan kapasitas, serta renovasi ruang tunggu layanan eksekutif II.

Shelvy memaparkan, peningkatan fasilitas penunjang pelabuhan ini sejalan dengan salah satu misi perseroan, yaitu menekankan keunggulan operasional melalui fasilitas pelabuhan terintegrasi, armada, dan infrastruktur yang handal.

Dia mengatakan, perseroan terus melakukan inovasi-inovasi yang akan menambah kenyamanan pengguna jasa selama melakukan perjalanan melalui pelabuhan ASDP.

“Total investasi untuk peningkatan ini lebih dari Rp27 miliar,” jelas Shelvy dalam keterangan resminya, Jumat (30/6/2023).

Shelvy menegaskan, ASDP mengutamakan keamanan dan kenyamanan pengguna jasa sebagai hal signifikan yang secara berkelanjutan terus ditingkatkan. Selain itu, berdasarkan statistik, jumlah pengguna jasa yang melintas di Merak-Bakauheni terus meningkat tiap tahunnya, sehingga ASDP berkewajiban untuk terus meningkatkan kualitas pelayanannya.

Dengan peningkatan fasilitas penunjang, Shelvy menuturkan pengguna jasa akan mendapatkan layanan prima dan experience lebih ketika berada di pelabuhan dan saat menikmati perjalanan menggunakan kapal feri.

Sementara itu, General Manager ASDP Cabang Bakauheni Rudi Sunarko mengatakan, pembangunan access bridge yang menghubungkan terminal eksekutif 1 dan 2 serta reguler dengan tetap mengutamakan safety and service. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengguna jasa dari dermaga regular ke eksekutif begitu pula sebaliknya. 

Rudi mengatakan, keberadaan access bridge diharapkan dapat meningkatkan keselamatan penumpang. Hal tersebut karena jalur yang digunakan antara pejalan kaki dan kendaraan akan berbeda.

Data produksi pelabuhan tahun 2022 menunjukkan padatnya jumlah pengguna jasa di dua lintasan tersibuk milik ASDP ini. Tercatat, terdapat 481.690 pejalan kaki dan 2.694.885 kendaraan yang menyeberang melalui Pelabuhan Merak. 

Sementara itu, sebanyak 454.456 pejalan kaki dan 2.515.589 kendaraan tercatat menyeberang melalui Pelabuhan Bakauheni. 

Adapun spesifikasi fasilitas baru access bridge di Pelabuhan Merak memiliki panjang 441,2 meter dan tinggi 8,788 meter. Sementara itu, access bridge di Bakauheni memiliki panjang 70,5 meter dan tinggi 9.596 meter dengan lebar ruang pejalan kaki masing-masing sebesar 4 meter. Seluruh konstruksi menggunakan baja kokoh dan dipastikan aman bagi pengguna jasa. 

Selanjutnya, Pelabuhan Merak juga telah melakukan peningkatan kapasitas dermaga II dengan melakukan pengerukan kolam dermaga, pembongkaran moveable bridge, dan pemasangan tiang pancang dan pile cap. 

Sementara itu, penyediaan garbarata Dermaga Eksekutif II Pelabuhan Merak dan Bakauheni telah selesai dan terpasang di masing-masing pelabuhan. Perombakan fasilitas lainnya adalah renovasi ruang tunggu terminal eksekutif Merak dan gangway dengan progres total saat ini telah mencapai 100 persen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper