Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Krisis Chip Semikonduktor, AS dan Belanda Batasi Perdagangan dengan China

AS dan Belanda menerapkan pembatasan perdagangan komponen chip semikonduktor dengan China.
Chip semikonduktor buatan SK Hynix./Bloomberg
Chip semikonduktor buatan SK Hynix./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA- Pemerintah Amerika Serikat (AS) dan Belanda berupaya menekan perdagangan dengan China terkait produksi chip semikonduktor. Kebijakan itu ditunjukkan dengan pembatasan ekspor komponen dan jasa terkait pembuatan chip semikonduktor.

Dikutip dari Reuters, pada Jumat (30/6/2023), kedua negara bakal menerapkan kebijakan lebih ketat terkait perdagangan dengan China pada musim panas ini. Hal itu dinilai sebagai langkah menjaga keberlanjutan bisnis domestik, hingga memproteksi teknologi yang bisa memperkuat militer China.

Belanda bahkan melarang ASML yang merupakan produse fotolitografi untuk bertransaksi dengan entitas dari China. Fotolitografi sendiri digunakan dalam proses pembuatan chip semikonduktor.

Terkait kebijakan itu, Pemerintah Belanda dan ASML menolak berkomentar. Hal yang sama juga dilakukan AS. 

Pada Oktober, AS memberlakukan pembatasan ekspor alat pembuat chip semikonduktor ke China. Selain membatasi produsen seperti Lam Research dan Applied Materials, AS juga melobi banyak negara produsen utama untuk mengadopsi kebijakan serupa. 

Juru bicara Kedutaan Besar China Liu Pengyu di Washington mengecam langkah tersebut. "Telah dengan sengaja memblokade dan membuat perusahaan China pincang dan secara paksa memindahkan industri dan mendorong pemisahan," ujarnya. 

Dia menjelaskan China akan mengikuti perkembangan dengan cermat dan dengan tegas melindungi kepentingan nasional.

Jepang, produsen peralatan chip Nikon  dan Elektron Tokyo, sejak mengadopsi aturan untuk membatasi ekspor 23 jenis peralatan manufaktur semikonduktor yang akan berlaku mulai 23 Juli. 

Pemerintah Belanda berencana untuk mengumumkan peraturan baru pada hari Jumat dengan persyaratan lisensi untuk lini produk terbaik kedua ASML, peralatan semikonduktor deep ultra violet (DUV). Mesin ASML yang paling canggih — mesin litografi "EUV" ultraviolet ekstrim — sudah dibatasi, dan belum pernah dikirim ke China. 

ASML mengatakan pada bulan Maret bahwa peraturan Belanda akan memengaruhi TWINSCAN NXT:2000i dan model yang lebih canggih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper