Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Google Bakal PHK Staf di Aplikasi Peta Waze

Sejumlah posisi di divisi periklanan di Waze akan terdampak PHK setelah perusahaan mulai beralih menggunakan teknologi periklanan Google.
Aplikasi Waze/Istimewa
Aplikasi Waze/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Anak usaha Alphabet Inc., Google, berencana melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawan di layanan pemetaan dan navigasi Waze.

Keputusan PHK ini menjadi langkah terbaru raksasa teknologi ini untuk memangkas beban operasional di tengah upaya efisiensi di Silicon Valley.

Dilansir Bloomberg pada Rabu (28/6/2023), juru bicara Google mengatakan sejumlah posisi di divisi periklanan di Waze akan dihilangkan setelah perusahaan mulai beralih menggunakan teknologi periklanan Google.

"Sebagai bagian dari pembaruan ini, kami telah mengurangi peran-peran yang berfokus pada monetisasi iklan Waze dan menyediakan sumber daya mobilitas dan opsi pesangon bagi karyawan sesuai dengan persyaratan lokal," kata juru bicara tersebut dalam sebuah pernyataan.

Google mengatakan pada bulan Desember bahwa mereka akan menggabungkan Waze ke dalam lini usaha Geo, yang mencakup produk-produk populer seperti Google Maps dan Google Earth.

Google menolak untuk mengatakan jumlah karyawan Waze yang terdampak PHK tersebut.

Google telah bergerak untuk mengurangi biaya di tengah melambatnya permintaan iklan digital tahun lalu, yang turut berdampak terhadap pendapatan perusahaan.

Pada bulan Januari, Alphabet mengatakan akan memangkas sekitar 12.000 tenaga kerja, setara lebih dari 6 persen jumlah tenaga kerja secara global.

Pada April, perusahaan melaporkan pendapatan yang lebih tinggi dari estimasi pada kuartal I/2023 karena pendapatan iklan di bisnis mesin pencari dan YouTube yang kuat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper