Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Iduladha, Pertamina Tambah Stok 1,5 Juta Tabung LPG 3 Kg

PT Pertamina Patra Niaga Jatim, Bali dan Nusa Tenggara menambah stok tabung LPG 3 kg lebih dari 1,5 juta tabung selama libur Iduladha
Pekerja menyusun tabung Liquified Petroleum Gas (LPG) di Jakarta, Senin (20/6/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Pekerja menyusun tabung Liquified Petroleum Gas (LPG) di Jakarta, Senin (20/6/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA — PT Pertamina Patra Niaga Jatim, Bali dan Nusa Tenggara (Jatimbalinus) menambah stok tabung liquefied petroleum gas (LPG) 3 kilogram (kg) lebih dari 1,5 juta tabung selama libur Iduladha, 26 Juni-29 Juni 2023. 

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus Ahad Rahedi mengatakan, penambahan stok itu dilakukan di sejumlah kabupaten atau kota mengikuti kebutuhan masing-masing pemerintah daerah. 

“Dalam rangka mendukung kelancaran perayaan Iduladha 1444 H, Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus menambah lebih dari 1,5 Juta tabung LPG 3kg,” kata Ahad seperti dikutip dari siaran pers, Selasa (27/6/2023).

Jumlah tersebut di luar pasokan normal harian sebesar 5.792 metrik ton atau lebih dari 1,9 Juta tabung LPG 3 kilogram (kg). 

“Diharapkan dengan tambahan ini masyarakat bisa aman dan nyaman melaksanakan kegiatan-kegiatan di hari raya tersebut,” kata Ahad.

Adapun, sebaran tambahan 1,5 Juta lebih tabung LPG subsidi tersebut terbagi ke dalam beberapa wilayah, yakni Jawa Timur sebesar 1.210.200 tabung, Bali sebesar 183.680 tabung, dan NTB sebesar 153.600 tabung.

Pertamina meminta masyarakat turut mengawasi konsumsi LPG 3 kg subsidi bagi keluarga penerima manfaat yang tepat. 

“Karena ini subsidi, kami harapkan keterlibatan aktif berbagai pihak untuk mengawasi distribusi [terutama] di luar pangkalan resmi Pertamina atau pengecer,” kata dia. 

Saat ini, Pertamina sedang melaksanakan sosialisasi dan pendataan subsidi tepat LPG 3 kg secara bertahap di pangkalan resmi Pertamina yang berfungsi sebagai lembaga penyalur LPG resmi tingkat akhir yang langsung melayani konsumen secara individu. 

“Masyarakat yang membutuhkan bisa membeli langsung ke pangkalan resmi LPG 3 kg agar bisa mendapatkan harga eceran tertinggi [HET] sesuai dengan keputusan gubernur wilayah masing-masing,” kata dia.

Di sisi lain, Pertamina mengatakan, ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) untuk wilayah Jatimbalinus saat ini, 247.751 kilo liter (kl) untuk gasoline dan 59.112 (kl) untuk gasoil relatif cukup.

Jumlah tersebut dipastikan aman untuk menopang konsumsi normal harian rata-rata gasoline sebesar 17.200 kiloliter dan gasoil sebesar 11.589 kilo liter. 

“Kami pastikan ketersediaan stok BBM di SPBU aman karena selain mobilisasi hari raya juga ada destinasi wisata yang sudah kita antisipasi,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper