Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HUT DKI Jakarta: Tarif MRT, LRT dan TransJakarta Rp1 Hari Ini

TransJakarta, MRT dan LRT memberikan tarif khusus Rp1 pada hari ini Rabu (22/6/2023) dalam rangka memperingati HUT ke-496 DKI Jakarta.
Sejumlah penumpang berada di dalam gerbong kereta moda raya terpadu (MRT) di Jakarta, Rabu (11/1/2023). Bisnis/Arief Hermawan P
Sejumlah penumpang berada di dalam gerbong kereta moda raya terpadu (MRT) di Jakarta, Rabu (11/1/2023). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – TransJakarta, MRT dan LRT memberikan tarif khusus Rp1 selama sehari penuh pada hari ini Rabu (22/6/2023) sebagai bagian dari peringatan Hari Ulang Tahun ke-496 Provinsi DKI Jakarta.

Informasi terkait pemberlakuan tarif khusus sejumlah transportasi massal di Jakarta ini disampaikan Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

"Dalam rangka HUT Jakarta ke-496, Khusus tanggal 22 Juni 2023, #TemanDishub bisa merayakan pertambahan usia Jakarta sambil menggunakan Transjakarta, MRT dan LRT hanya dengan ongkos 1 rupiah!," tulis akun Twitter resmi @dishubDKI_JKT dikutip Rabu (22/6/2023).

Selaimn itu, Dishub DKI menyatakan untuk Layanan Mikrotrans, Transjakarta Cares, Layanan Penugasan Transjakarta lainnya dan Layanan Gratis bagi masyarakat tertentu sesuai Pergub DKI Jakarta Nomor 133 tahun 2018 yang sudah memiliki tarif Rp0 tetap berlaku sesuai tarif awal.

Kepala Dishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo, menyampaikan layanan Rp1 berlaku pada 22 Juni 2023 pukul 00.00-23.59 WIB. Namun, pengguna transportasi umum tetap wajib menempelkan tiket (tap in) di gerbang penumpang agar saldo uang elektronik terpotong Rp1 dan tercatat telah melakukan transaksi di dalam sistem.

"Namun dalam penerapannya karena agar tercatat satu kali transaksi maka tetap akan dicatat Rp1. Hitungannya Rp1 kan gratis," ujar Syafrin.

Head of Corporate Secretary Division PT LRT Jakarta, Sheila Indira Maharshi menyatakan pemberlakuan tarif Rp1 sesuai dengan kebijakan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta e-0078 Tahun 2023. 

“Sebagai salah satu operator transportasi publik yang melayani segenap masyarakat Jakarta, LRT Jakarta mendukung kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengenai penerapan tarif Rp1 di LRT Jakarta pada tanggal 22 Juni 2023” ujar Sheila dalam keterangan pers, Selasa (21/6/2023).

Dia menuturkan, untuk melakukan pembayaran (tap-in dan tap-out) di LRT Jakarta, penumpang bisa menggunakan Kartu Uang Elektronik (KUE) seperti JakLingko Card, JAK Card, Flazz, E-Money, Brizzi, dan lainnya.

Selain itu, penumpang juga dapat menggunakan aplikasi LinkAja maupun JakLingko App yang dapat diunduh pada smartphone.

Penerapan tarif khusus pada momen HUT DKI Jakarta ini merupakan yang kedua kalinya di LRT Jakarta, dimana pada tahun lalu, sebanyak lebih dari 5.000 penumpang menikmati layanan LRT Jakarta dengan tarif khusus ini.

Sementara itu, Direktur Operasional dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta (Perseroda), Muhammad Effendi, memaparkan, pemberlakuan tarif ini efektif mulai jadwal operasional pukul 05.00 WIB hingga berakhir pada 24.00 WIB. 

Effendi mengatakan pengguna jasa tetap melakukan tap atau pemindaian di passenger gate baik saat masuk maupun keluar. Tarif tersebut berlaku untuk semua jenis pembayaran, mulai dari kartu MTT, kartu uang elektronik bank, hingga pembelian melalui aplikasi MRT-J.

Pemberlakuan tarif ini sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta e-0078 Tahun 2023 tentang Penugasan Tarif Layanan Khusus Transportasi Umum Transjakarta, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta Dalam Rangka HUT DKI Jakarta.

“Sebagai bentuk apresiasi bagi pengguna transportasi publik di Jakarta dan bagian dari partisipasi MRT Jakarta dalam hajatan peringatan HUT ke-496 DKI Jakarta, kami menerapkan tarif layanan khusus Rp1 ini,” jelas Effendi dalam keterangan resminya, Rabu (21/6/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper