Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tinggal 10 Negara Bebas Visa Masuk Indonesia, Tersengat Aspek Kehidupan Bernegara

Menkumham menghentikan sementara bebas visa kunjungan untuk 159 negara. Kebijakan ini menyisakan hanya 10 negara yang bisa bebas masuk ke Tanah Air.
Ilustrasi: Paspor Turis dari China/Reuters-Stefano Rellandini
Ilustrasi: Paspor Turis dari China/Reuters-Stefano Rellandini

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia kini hanya mengizinkan warga dari 10 negara untuk masuk ke Tanah Air dengan bebas visa

Ketetapan ini setelah Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna Laoly menerbitkan Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor M.HH-GR.01.07 Tahun 2023, untuk menghentikan untuk sementara kebijakan bebas visa kunjungan (BVK) untuk 159 negara. Aturan ini ditetapkan pada 7 Juni 2023. 

Dengan keputusan ini, maka Indonesia hanya mengizinkan 10 negara masuk tanpa visa. Negara itu adalah rumpun Asean yakni Brunei Darussalam, Filipina, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam. 

Sementara, 159 negara lainnya yang sebelumnya juga mendapatkan kebijakan bebas visa melalui Peraturan Presiden Nomor 21 Tahun 2016 ditangguhkan. 

Subkoordinator Humas Dirjen Imigrasi Achmad Nur Saleh, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (17/6/2023) mengatakan pemberian bebas visa kunjungan selama ini berdampak pada aspek-aspek kehidupan bernegara. Untuk itu dilakukan evaluasi.

"Atas dasar pertimbangan tersebut, Keputusan Menteri ini ditetapkan," ujar Nur Saleh.

Tidak dijelaskan lebih lanjut apakah penghentian bebas visa ini seiring gangguan turis telanjang di Bali dalam acara pertunjukan budaya atapun kritikan akan kemudahan pekerja China masuk ke Tanah Air. 

Pihak Imigrasi menyebut aspek-aspek kehidupan bernegara yang dimaksud seperti gangguan ketertiban umum dan penyebaran penyakit dari negara yang belum dinyatakan bersih atau bebas penyakit tertentu dari badan Kesehatan Dunia (World Health Organization). Oleh karena itu, tutur Achmad melanjutkan, jumlah penerima kebijakan tersebut akan diatur ulang.

 "Untuk tinggal lebih lama di Indonesia, orang asing bisa memilih jenis izin tinggal keimigrasian lainnya, seperti e-VOA (electronic visa on arrival), visa kunjungan atau visa tinggal terbatas,” kata Achmad.

Seperti diketahui, melalui kebijakan bebas visa kunjungan, orang asing dapat tinggal 30 hari dan tidak dapat diperpanjang di Tanah Air. Persyaratan yang wajib ditunjukkan kepada petugas imigrasi di TPI adalah paspor yang masih berlaku setidaknya 6 bulan, serta tiket meninggalkan wilayah Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper