Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PGN Pasok Gas 10,5 BBtud ke Lotte Chemical Indonesia

PT PGN Tbk. memasok gas bumi untuk PT Lotte Chemical Indonesia, industri petrokimia di Cilegon, Banten. 
Petugas mengawasi pipa gas PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGN). Istimewa/PGN
Petugas mengawasi pipa gas PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGN). Istimewa/PGN

Bisnis.com, JAKARTA — Subholding Gas Pertamina, PT PGN Tbk. memenuhi kebutuhan gas bumi PT Lotte Chemical Indonesia (LCI) yang digadang-gadang sebagai salah satu investasi industri petrokimia terbesar di Asia Tenggara yang beroperasi di Cilegon, Banten. 

Perjanjian jual beli gas (PJBG) telah dilaksanakan antara PGN dengan LCI untuk penyerapan gas bumi sebesar 2,62 sampai 10,5 billion british thermal unit per day (BBtud) pada 25 Mei 2023 lalu.

Adapun, jangka waktu perjanjian diteken sepanjang 5 tahun sampai dengan 2029. Sementara itu, salur gas bakal dimulai pada Juni 2024 dengan volume kontrak maksimal 10,5 BBtud. 

General Manager PGN Sales Operation Region II (SOR II) Sonny Rahmawan Abdi menjelaskan, gas bumi dari PGN akan digunakan untuk bahan bakar boiler dengan produk utama, yaitu ethylene.

“PGN akan membangun infrastruktur distribusi gas MRS dan pipa gas menuju boiler milik LCI untuk gas in pada Juni 2024. Ini merupakan wujud komitmen PGN untuk memperluas penyaluran gas bumi kepada industri,” kata Sonny seperti dikutip dari siaran pers, Kamis (15/6/2023). 

Sonny berharap, industri lainnya dapat menggunakan gas bumi untuk menopang produksi dan meningkatkan daya saing. Gas bumi yang relatif lebih ramah lingkungan memberi peluang pasar yang besar bagi LCI.

LCI merupakan bagian dari grup perusahaan petrokimia Lotte Chemical Corporation yang berbasis di Korea Selatan. Pabrik petrokimia milik LCI akan dapat memenuhi permintaan petrokimia domestik maupun global.

Hasil produksi dari LCI dapat menjadi subtitusi dari produk kimia impor yang cukup besar sehingga dapat membantu menjaga neraca perdagangan Indonesia. Dampak yang besar juga akan bermanfaat dalam memberikan nilai tambah bagi perekonomian Indonesia.

Penyaluran gas bumi ke LCI menambah portofolio PGN di wilayah Jawa bagian barat yang dikelola oleh SOR II khususnya area Cilegon. 

PGN area Cilegon mengelola jaringan pipa gas sepanjang 319,3 kilometer (km). Jumlah pelanggan gas di Cilegon mencapai 10.341 pelanggan mulai dari rumah tangga, pelanggan kecil/usaha kecil, dan komersial industri. Sepanjang 2023 ini, PGN area Cilegon mampu menyalurkan gas bumi sebesar 88 – 106 BBTD.

“Hal ini menjadi booster bagi kami untuk meningkatkan performa dalam menjalankan bisnis utilisasi gas bumi untuk industri,” kata Sonny.

PGN SOR II melayani pelanggan rumah tangga hingga industri di Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, dengan area terdiri atas Jakarta, Bogor, Tangerang, Cilegon, Bekasi, Karawang, Cirebon, dan sekitarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper