Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mulai 1 Juni, Stasiun Jatinegara Layani 4 KA Jarak Jauh

KAI Daop 1 Jakarta menyebut Stasiun Jatinegara mulai melayani penumpang 4 KA Jarak Jauh per 1 Juni 2023.
Penumpang Kereta Api menunggu keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (22/12/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Penumpang Kereta Api menunggu keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (22/12/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyebut ada 4 KA Jarak Jauh yang berhenti di Stasiun Jatinegara mulai 1 Juni 2023 sejalan dengan pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan terdapat 4 KA Jarak Jauh (KAJJ) pemberangkatan dari Stasiun Gambir yang akan melayani juga naik penumpang berangkat dari Stasiun Jatinegara. Sebelumnya, saat ini Stasiun Jatinegara hanya melayani turun penumpang KAJJ.

"Keempat KAJJ yang berhenti melayani naik penumpang dari Stasiun Jatinegara tersebut merupakan KA dengan keberangkatan awal dari Stasiun Gambir," ujarnya dalam siaran pers, Senin (22/3/2023).

Dia menyebutkan keempat KA tersebut antara lain KA 38F Argo Parahyangan relasi Gambir - Bandung, berangkat Stasiun Jatinegara pukul 06.46 WIB dan KA 10 Argo Dwipangga relasi Gambir – Solo, berangkat Stasiun Jatinegara pukul 09.06 WIB.

Selain itu, ada KA 12 Argo Sindoro relasi Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng, berangkat Jatinegara pukul 16.56 WIB dan KA 36F Argo Parahyangan relasi Gambir – Bandung, berangkat Stasiun Jatinegara pukul 18.46 WIB.

Eva berharap melalui penambahan layanan naik penumpang di Stasiun Jatinegara, para pelanggan KA khususnya dari area Daop 1 Jakarta dapat memiliki alternatif stasiun yang dapat dipilih saat akan berangkat.

Adapun, lanjutnya, manfaat lain dari pemberlakuan Gapeka 2023 yang dapat langsung dirasakan pelanggan yakni efisiensi waktu perjalanan KAJJ keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen.

Dia menuturkan untuk wilayah Daop 1 Jakarta, Gapeka 2023 memberikan percepatan waktu tempuh perjalanan KA Jarak Jauh sebesar total 2.512 menit per hari. Perinciannya, efisiensi 880 menit pada KA Argo, 585 menit pada KA Eksekutif, 648 pada KA Eksekutif Campuran, dan 399 menit pada KA Ekonomi.

Gapeka merupakan pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan, yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api.

Pemberlakuan Gapeka baru akan memberikan sejumlah manfaat bagi pengguna jasa KA salah satu nya pengaturan operasional untuk pemberhentian KA Jarak Jauh diarea Daop 1 Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper