Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Tagih Janji Investasi Pengembang Lokal di IKN

Badan Otorita IKN mencatat saat ini terdapat 220 letter of intent (LOI) untuk investasi di IKN Nusantara.
Presiden Jokowi meninjau pembangunan infrastruktur kawasan IKN, di Kab. Penajam Paser Utara, Kaltim, Selasa (25/10/2022) - Dok. Setkab.
Presiden Jokowi meninjau pembangunan infrastruktur kawasan IKN, di Kab. Penajam Paser Utara, Kaltim, Selasa (25/10/2022) - Dok. Setkab.

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut rutin menagih komitmen investasi dari pelaku usaha swasta untuk menanamkan modalnya di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

Hal ini disampaikan oleh Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dihadapan Ketua Pokja IKN dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Budiarsa Sastrawinata yang juga merupakan Direktur PT Ciputra Development Tbk. (CTRA). 

"Pak Budiarsa, ini Pak Presiden selalu tanya mana ini teman-teman investor? Kapan mulai 'macul', kapan groundbreaking di lapangan?" kata Bambang di Jakarta, Selasa (23/5/2023). 

Pertanyaan tersebut disambut senyuman Ketua Pokja IKN itu. Untuk itu, Bambang turut mendorong para investor lokal agar mendiskusikan keresahan para pengusaha dalam agenda Sosialisasi Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2023 pada hari ini. 

Dia juga memahami banyak investor saat ini yang bertanya terkait dengan perizinan, pembelian tanah, hingga insentif yang diberikan pemerintah. Dengan demikian, setelah diskusi ini berlangsung, diharapkan akan mendorong praktik para investor untuk melakukan realisasi investasi. 

"Kita akan mencari terobosan biasanya yang ditanya adalah perizinan tanah dan insentif bagaimana mendapatkan super tax deduction dan beragam insentif lain," ujarnya. 

Lebih lanjut, dia mencatat saat ini terdapat 220 letter of intent (LOI) untuk investasi di IKN. Namun, menurutnya, realisasi dari LOI tersebut masih membutuhkan waktu yang cukup panjang. Pasalnya, para pelaku usaha harus melakukan feasibility study (FS), pemantauan progres fisik secara langsung hingga desain usaha. 

"Sehingga tentu desain-desain harus disesuaikan dan nantinya itu akan menjadi bagian atau variabel dari costing dari investasi yang akan ditanamkan jadi akan ada proses di situ," tuturnya. 

Sebelumnya, Direktur Ciputra Development Budiarsa Sastrawinata mengatakan, pihaknya telah berkomitmen untuk membangun perumahan di IKN Nusantara.

"Ciputra sudah menyampaikan surat minat, keyakinan atas komitmen presiden dan pemerintah kami yakin surat minat akan ditindaklanjuti untuk dapat ikut menorehkan sejarah baru peradaban baru," ujarnya dalam acara Market Sounding IKN pada Oktober 2022. 

Kala itu, Presiden Jokowi mendorong Ciputra Group untuk menjadi salah satu investor dalam proyek pembangunan IKN di Kalimantan Timur.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri jajak pasar (market sounding) peluang investasi pembangunan IKN Nusantara di Ballroom Djakarta Theater XXI, Selasa (18/10/2022).

"Komitmen yang betul-betul riil saya baru dengar dari Ciputra Group. Pak Budiarja berapa hektare? Tadi saya lihat masih ngambang gitu loh," kata Jokowi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper