Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenkeu hingga Kemenhan Raih Penghargaan Kinerja Anggaran Terbaik pada 2022

Kemenkeu hingga Kemenhan meraih penghargaan kinerja anggaran terbaik sepanjang 2022. Ini daftarnya.
Gedung Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Bisnis/Abdurachman
Gedung Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA – Sebanyak 15 kementerian dan lembaga (K/L) meraih penghargaan atas kinerja anggaran terbaik pada 2022, termasuk Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Kementerian Pertahanan (Kemenhan). 

Penghargaan tersebut berdasarkan hasil evaluasi kinerja anggaran (EKA) dan indikator kinerja pelaksana anggaran (IKPA) yang dilakukan oleh Kementerian Keuangan.

Penghargaan atas kinerja anggaran terbaik pada 2022 untuk pagu besar diraih oleh Kementerian Keuangan untuk posisi pertama, untuk pagu sedang diraih oleh Kementerian Dalam Negeri, dan untuk pagu kecil diraih oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Direktur Jenderal Perbendaharaan Negara Astera Primanto Bhakti menyampaikan bahwa di lingkungan Kementerian Keuangan sendiri, telah dilaksanakan beberapa langkah dan kebijakan strategis di bidang pelaksanaan anggaran.

Pertama, yaitu dengan melakukan simplifikasi indikator kinerja pelaksanaan anggaran guna mendorong akselerasi realisasi belanja dan capaian output namun, dengan tetap menjaga value for money, serta menciptakan penilaian kinerja pelaksanaan anggaran yang lebih adil.

Kedua, modernisasi penyaluran bansos dengan menggunakan platform digital, untuk meningkatkan efisiensi dan keakuratan data, serta meminimalisir kebocoran dalam penyaluran bansos ke masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

“Ketiga, penyempurnaan online monitoring SPAN yang mengintegrasikan seluruh sistem informasi terkait penyaluran transfer ke daerah untuk mendukung kebijakan penyaluran transfer ke daerah melalui kantor pelayanan perbendaharaan nasional pada 2023 ini,” katanya dalam Rakornas Pelaksanaan Anggaran 2023, Rabu (17/5/2023).

Keempat, mengembangkan modul capaian output dalam aplikasi Sakti yang dapat menyediakan informasi yang akurat terkait proyeksi capaian output yang lebih riil, sehingga meningkatkan kualitas monitoring dan evaluasi belanja K/L.

“Berbagai upaya yang telah dilakukan tersebut tentunya membutuhkan dukungan penuh K/L untuk dapat melakukan hal-hal secara lebih baik, terukur, produktif, efektif, dan efisien,” kata dia.

Untuk itu, dia pun mendorong melalui Rakornas agar K/L berkomitmen dan bersinergi sehingga dapat mengakselerasi dan meningkatkan kualitas belanja untuk tahun anggaran 2023.

Berikut daftar K/L yang meraih penghargaan atas kinerja anggaran terbaik pada 2022

Kategori Pagu Besar

1. Kementerian Keuangan
2. Kementerian Hukum & HAM
3. Kepolisian RI
4. Kejaksaan Agung
5. Mahkamah Agung

Kategori Pagu Sedang

1. Kementerian Dalam Negeri

2. Badan Pemeriksa Keuangan

3. Kementerian Kelutan dan Perikanan

4. Dewan Perwakilan Rakyat

5. Badan Pusat Statistik

Kategori Pagu Kecil

1. MPR
2. Lembaga Administrasi Negara
3. Sekretariat Kabinet
4. Dewan Perwakilan Daerah
5. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper