Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PUPR Lelang 2 Proyek Jalan di KIPP IKN, Nilainya Rp2 Triliun!

Kementerian PUPR melelang 2 paket proyek pembangunan jalan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara. Berikut ini perinciannya.
Proyek Jalan Lingkar Sepaku di IKN - Dok. Kementerian PUPR.
Proyek Jalan Lingkar Sepaku di IKN - Dok. Kementerian PUPR.

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memulai tender 2 paket proyek pembangunan jalan di dalam Kawasan Inti Pusat Pemerintahan atau KIPP di IKN Nusantara senilai Rp2 triliun.

Berdasarkan LPSE Kementerian PUPR, dikutip Jumat (12/5/2023) paket pembangunan jalan di dalam KIPP IKN terbagi menjadi paket pekerjaan jalan distrik (feeder) di kawasan IKN senilai Rp1,32 triliun dan paket pekerjaan jalan akses menuju masjid di IKN dan dermaga logistik senilai Rp690 miliar. Dengan demikian total nilai kedua paket proyek tersebut mencapai Rp2 triliun.

Proses lelang proyek jalan distrik (feeder) di kawasan IKN telah dimulai sejak 12 April 2023 lalu dan akan berakhir pada 1 Juni 2023 mendatang. Adapun, lelang proyek jalan akses menuju masjid dan dermaga logistik di IKN dimulai sejak 14 April 2023 dan akan berakhir pada 6 Juni 2023.

Proyek jalan feeder sepanjang 10,3 km berada dalam rancangan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR yang ditargetkan dapat dikerjakan selama 390 hari atau dikerjakan mulai Juni 2023-Juni 2024.

Pembangunan jalan ini akan menjadi konektivitas yang menghubungkan antar Kawasan Inti Pusat Pemerintah (KIPP) dengan area penyangga. Untuk mewujudkan konektivitas tersebut, PUPR melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Kalimantan Timur membangun jalan feeder atau distrik di kawasan IKN.

Satuan Kerja Pelaksanaan Jembatan Pulau Balang akan melaksanakan Pembangunan Jalan Feeder (Distrik) di kawasan IKN melalui mekanisme Kontrak Tahun Jamak (Multi Years Contract/MYC) tahun 2023 hingga 2024 dengan APBN.

Sementara itu, paket pekerjaan pembangunan jalan akses menuju masjid di kawasan IKN dan dermaga logistik termasuk jalan akses ditargetkan selesai pada 2024.

Pembangunan terbagi menjadi 3 lingkup pekerjaan yaitu pembangunan jalan sepanjang 10,1 km, pembangunan jembatan sepanjang 155,9 meter, dan pembangunan dermaga 1 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper