Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Luhut Geram Singapura Minta RI Ekspor Listrik, ESDM Beri Penjelasan

Kementerian ESDM menjelaskan poin-poin kesepakatan ekspor listrik dengan Singapura yang membuat Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan geram.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Bisnis/Triawanda Tirta Aditya
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Bisnis/Triawanda Tirta Aditya

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) angkat bicara soal kejengkelan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan terkait permintaan ekspor listrik ke Singapura. 

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan, latar belakang kejengkelan Luhut itu disebabkan karena Singapura belum kunjung menunaikan syarat investasi dan pengembangan industri hulu pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Indonesia untuk mendapat pasokan listrik bersih nantinya.

“Kan kesepakatannya itu kita ada dua aktivitas ya, pengembangan industri hulunya, manufacturing untuk PLTS-nya, kemudian untuk ekspornya itu sudah satu paket, ya dia harus jalani dulu industrinya,” kata Dadan saat ditemui di Jakarta, Kamis (11/5/2023). 

Kedua negara telah menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) di bidang kerja sama energi baru terbarukan pada Januari 2022 lalu. 

Penandatanganan MoU kerja sama energi ini menjadi salah satu deliverables pada pertemuan Leaders' Retreat antara Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong pada 25 Januari 2022 di Bintan.

Salah satu program strategis dalam MoU itu berkaitan dengan pengembangan PLTS dan hidrogen, interkoneksi listrik lintas batas, jaringan listrik regional, perdagangan energi hingga pembiayaan proyek energi. 

Hanya saja, Dadan menegaskan, industri PLTS itu mesti dibangun di Indonesia sebelum listrik terbarukan dapat dialirkan ke Singapura. Syarat itu diajukan Indonesia sebagai upaya untuk mengamankan nilai tambah di dalam negeri dalam waktu panjang mendatang. 

“Industrinya di kita, supaya TKDN [tingkat komponen dalam negeri] naik di kita, nanti kerja sama investasi ya,” kata dia. 

Seperti diberitakan sebelumnya, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan pemerintah menolak melakukan ekspor listrik berbasis energi baru terbarukan atau EBT ke Singapura. Persoalannya, poin positif EBT justru lari ke Singapura yang memanfaatkannya untuk membangun industri dengan ongkos kompetitif. 

Menurut Luhut, permintaan Singapura itu justru bakal merugikan pertumbuhan ekonomi dan industri Indonesia lantaran nilai tambah yang mengalir ke luar negeri nantinya.  

“Singapura minta supaya kita ekspor listrik, kita tidak mau, saya bilang tidak mau,” kata Luhut saat acara Hilirisasi dan Transisi Energi Menuju Indonesia Emas, di The Westin, Jakarta, Selasa (9/5/2023).  

Di sisi lain, Luhut meminta agar Singapura dapat membangun pabrik yang lebih masif di Indonesia sebagai alternatif pembatalan rencana ekspor tersebut. Menurut dia, keputusan itu bakal menjadi kebijakan yang memenangkan kedua kepentingan negara.

“Mau kalau proyek di kita. ni kan brengsek Singapura dipikir kita bodoh, tender perusahaan-perusahaan kita emang gua pikirin,” kata dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper