Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

9 Manfaat Minyak Bumi dalam Kehidupan Beserta Penjelasannya

Minyak bumi adalah hasil alam yang banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja manfaat minyak bumi? Ini penjelasannya.
9 Manfaat Minyak Bumi dalam Kehidupan Beserta Penjelasannya - Pexels
9 Manfaat Minyak Bumi dalam Kehidupan Beserta Penjelasannya - Pexels

Bisnis.com, JAKARTA - Sudah banyak yang tahu kalau salah satu manfaat minyak bumi yakni sebagai bahan bakar.

Namun tahukah Anda, dari mana minyak bumi berasal dan apa saja pemanfaatannya selain menjadi bahan bakar? Simak penjelasan lengkapnya disini. 

Pengertian Minyak Bumi

Minyak bumi adalah minyak mentah berbentuk cairan kental berwarna hitam. Definisi lain dari minyak bumi adalah hasil proses alami hidrokarbon yang dalam kondisi tekanan dan temperatur berupa fase cair ataupun padat. Minyak tersebut masih mentah dan perlu diolah agar menghasilkan produk minyak bumi yang berguna bagi kehidupan sehari-hari. 

Minyak bumi berasal dari fosil, sama halnya dengan gas alam dan batu bara. Dengan begitu, minyak bumi tergolong ke dalam bahan bakar yang tidak dapat diperbaharui karena proses pembentukannya membutuhkan waktu berjuta-juta tahun. 

Meskipun tidak dapat diperbaharui, minyak bumi masih bisa untuk dikelola. Akan tetapi, pengelolaan yang tidak baik dapat menyebabkan minyak bumi cepat habis. 

Manfaat Minyak Bumi

Minyak bumi sudah banyak dikenal manfaatnya sebagai bahan bakar. Minyak bumi diolah melalui proses distilasi sampai menjadi bahan bakar siap pakai. 

Pemanfaatan minyak bumi tidak hanya sebagai bahan bakar saja. Lalu, apa saja pemanfaatan minyak bumi selain sebagai bahan bakar? Berikut ini penjelasannya.

  • Aspal

Manfaat minyak bumi yang pertama adalah sebagai bahan pembuatan aspal. Aspal berguna sebagai pelapis jalan raya. Aspal adalah hasil residu destilasi yang tidak menguap dengan ciri warna hitam kecoklatan, melekat, dan tanah terhadap air. Aspal sering disebut juga dengan bitumen.

  • Pelumas

Kedua, manfaat minyak bumi adalah sebagai pelumas berguna untuk mengurangi gaya gesek ataupun melindungi mesin dari karatan. Contohnya oli mesin pada mesin pembakaran dalam.

  • Kerosin

Kerosin banyak digunakan sebagai bahan bakar lampu dan kompor minyak, sebelum lampu bohlam dan kompor gas banyak digunakan seperti sekarang. Kerosin juga digunakan sebagai bahan bakar mesin jet yang dikenal dengan nama avtur (aviation turbine)

  • Nafta

Nafta tidak dapat langsung digunakan dan harus diolah terlebih dahulu. Biasanya digunakan sebagai bahan baku pembuat karet, plastik, pelarut, dan industri petrokimia lainnya. Nafta menjadi salah satu bahan produksi komponen bensin oktan tinggi, seperti pertamax.

  • LPG (Liquefied Petroleum Gas)

LPG atau Liquified Petroleum Gas merupakan manfaat minyak bumi yang sering digunakan untuk kebutuhan memasak. LPG didominasi oleh gas propana dan butana, serta sedikit etana dan pentana. 

  • Pestisida tanaman

Pestisida menjadi salah satu olahan minyak bumi yang banyak digunakan untuk melindungi tanaman dari bahaya hama. Dalam pembuatan pestisida, terdapat kandungan minyak bumi yang membuat cairan menempel dan menimbulkan aroma yang tidak disukai oleh hama. 

  • Bahan poliuretan

Minyak bumi dapat digunakan sebagai bahan poliuretan untuk membuat busa. Busa banyak dipakai sebagai tambahan pelindung barang, sofa, jok motor, jok mobil, hingga matras.

  • Bahan serat

Pemanfaatan minyak bumi juga digunakan untuk pembuatan bahan serat, seperti rayon, polyester, sintetis, nilon, dan masih banyak lagi. Bahan ini biasa digunakan dalam pakaian. Bahan kain hasil produksi minyak bumi dapat membuat pakaian tetap hangat di musim dingin dan sejuk di musim panas. 

  • Produksi polimer

Minyak bumi banyak dimanfaatkan sebagai sumber produksi polimer untuk banyak industri, khususnya plastik. 

Demikian penjelasan seputar pengertian dan manfaat minyak bumi. Sekarang, Anda sudah tahu bahwa minyak bumi berasal dari fosil dan olahannya dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar, pestisida tanaman, produksi polimer, dan masih banyak lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper