Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Perusahaan Teknologi Dunia yang Lakukan PHK di 2023

Pada tahun 2023, kondisi industri teknologi belum membaik dan bahkan semakin memburuk. Berikut daftar perusahaan sektor ini yang melakukan PHK massal pada 2023.
Logo Facebook Inc, Amazon.com Inc, Netflix Inc, dan Google berada di perangkat ponsel pintar dan tablet./Bloomberg
Logo Facebook Inc, Amazon.com Inc, Netflix Inc, dan Google berada di perangkat ponsel pintar dan tablet./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Industri teknologi mengalami masa sulit dalam beberapa tahun terakhir. Kombinasi antara situasi ekonomi yang tidak stabil, pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia, dan beberapa kesalahan dalam pengambilan keputusan bisnis membuat industri ini terhuyung-huyung.

Pada tahun 2022, situasi ini berdampak pada banyak perusahaan teknologi yang harus melakukan pemutusan hubungan kerja demi menjaga kelangsungan bisnis mereka. 

Sayangnya, pada tahun 2023, kondisi industri teknologi belum membaik dan bahkan semakin memburuk. 

Pengurangan jumlah karyawan yang sebelumnya terjadi semakin meningkat, karena banyak perusahaan yang kesulitan untuk bertahan di tengah persaingan yang semakin ketat dan situasi ekonomi yang sulit.

Lantas, mana saja perusahaan teknologi dunia yang sudah melakukan PHK besar-besaran pada karyawannya? Berikut ulasan Bisnis selengkapnya. 

1. Dropbox 

Dropbox akan memberhentikan 500 karyawan atau sekitar 16 oersen dari timnya karena pertumbuhan perusahaannya melambat dan beberapa investasinya tidak lagi berkelanjutan. 

2. Meta (Facebook)

Meta telah memangkas 11.000 pekerjaan pada musim gugur 2022, dan pada Maret 2023 mengumumkan rencana untuk memberhentikan 10.000 pekerja lainnya sebagai bagian dari upaya lebih lanjut untuk memotong biaya. 

Fase pertama dari PHK ini akan memengaruhi tim perekrutan, sedangkan rencana selanjutnya adalah untuk mengecilkan tim teknologi pada akhir April dan grup bisnis pada akhir Mei. 

3. Zoom

Zoom, perusahaan panggilan video telah memberhentikan sekitar 1.300 karyawan pada bulan Februari, atau 15 persen dari personelnya. 

Bahkan, CEO Eric Yuan memotong gajinya sebesar 98 persen untuk tahun fiskal berikutnya dan semua eksekutif kehilangan 20 persen dari gaji pokok serta bonus fiskal 2023 mereka. 

4. Yahoo

Yahoo mengumumkan pada Februari bahwa mereka akan memberhentikan lebih dari 20 persen dari total karyawan mereka sepanjang tahun 2023, atau lebih dari 1.600 orang. 

5. Dell

Pada awal Februari, perusahaan tersebut telah memberhentikan sekitar 6.650 karyawan, atau lima persen dari tenaga kerjanya, setelah kuartal keempat yang buruk di mana pengiriman komputer anjlok sekitar 37 persen. 

6. Google (Alphabet)

Alphabet, perusahaan induk Google, melakukan pemangkasan biaya dengan menutup Stadia dan memutuskan hubungan kerja dengan 12.000 karyawan pada akhir Januari.

Sub-merek seperti Intrinsic dan Verily juga kehilangan sebagian besar tenaga kerja mereka, sementara Waymo melakukan dua putaran PHK yang memangkas 209 orang, atau delapan persen dari kekuatannya.

7. Amazon

Amazon telah melakukan beberapa putaran PHK sejak musim gugur lalu, termasuk Januari ketika dilaporkan akan memberhentikan 18.000 pekerja, dan kemudian menambah 9.000 lagi pada Maret. Pada April, lebih dari 100 karyawan game juga dipecat. 

8. Coinbase

Coinbase, pertukaran cryptocurrency, terkena dampak penurunan pasar crypto pada tahun 2022 dan memutuskan untuk melakukan pemutusan hubungan kerja secara masif. 

Pada pertengahan Januari, Coinbase memberhentikan 950 karyawan setelah sebelumnya memangkas 1.100 peran. Tindakan ini adalah pemotongan staf yang proporsional paling tajam di antara perusahaan teknologi besar, yaitu hampir seperlima dari stafnya. 

9. IBM

Dalam kasus IBM, perusahaan sedang beralih ke bisnis komputasi awan, dan itu mengakibatkan perubahan dalam kebutuhan tenaga kerja, sehingga mempengaruhi beberapa divisi perusahaan, termasuk Watson Health dan Kyndryl. 

10. Microsoft

Microsoft melakukan pemutusan hubungan kerja yang cukup besar pada awal tahun 2023. Mereka mengisyaratkan akan memangkas 10.000 pekerjaan, kebanyakan di antaranya dari divisi Windows dan perangkat keras. 

11. PayPal

Pada akhir Januari, PayPal merencanakan untuk melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap 2.000 karyawan atau sekitar tujuh persen dari total karyawan yang dimilikinya. 

12. Salesforce

Salesforce telah mengumumkan pemberhentian sekitar 8.000 karyawan, atau sekitar 10 persen dari total karyawan mereka, pada awal 2023. 

13. SAP

SAP mengalami penurunan laba sebesar 68 persen pada akhir tahun 2022 dan memberhentikan 2.800 staf pada awal tahun 2023 untuk menjaga bisnisnya tetap sehat. 

14. Spotify

Spotify memberhentikan 6 persen dari tenaga kerjanya, atau sekitar 9.800 orang pada kuartal ketiga, pada awal tahun 2023. CEO Daniel Ek mengatakan upaya restrukturisasi meliputi kepergian kepala konten Dawn Ostroff dan dilakukan karena perusahaan mengalami kerugian besar. 

15. Wayfair

Pengecer online Wayfair memberhentikan 1.750 karyawan atau 10 persen dari total karyawan global pada awal 2023. 

Langkah ini diambil setelah Wayfair memotong biaya sejak Agustus 2022, dan diharapkan membantu perusahaan mencapai pendapatan impas lebih cepat dari yang diharapkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper