Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mudik Lebaran, Bandara Soekarno Hatta Layani 1.000 Pesawat per Hari

Bandara Soekarno Hatta tercatat melayani hingga 1.000 penerbangan per hari selama periode Lebaran 2023.
Penumpang pesawat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (22/12/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Penumpang pesawat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (22/12/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – PT Angkasa Pura II (AP II) mencatat Bandara Soekarno-Hatta melayani hingga 1.000 penerbangan per hari selama periode Lebaran 2023.

Berdasarkan data dari AP II, realisasi tersebut mengalami kenaikan hingga 5 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2022.

Tercatat selama masa arus mudik Lebaran 2023 terhitung sejak 19 April 2023 hingga 21 April 2023, jumlah penerbangan pesawat mencapai di atas 1.000 penerbangan per hari.

Tidak hanya jumlah penerbangan, momen mudik tahun ini juga mencatatkan pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta meningkat hingga 25 persen dibandingkan periode mudik tahun lalu.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan peningkatan pergerakan penumpang dan pesawat pada arus mudik tahun ini menjadi kabar baik bagi kebangkitan industri penerbangan nasional setelah sempat terdampak pandemi Covid-19. 

“Walaupun belum sama dengan 2019, tetapi secara ekonomi sudah terjadi pergerakan yang memberikan manfaat bagi operator bandara dan maskapai. Ini berita baik buat kita,” tutur Budi dikutip dari keterangan resmi, Kamis (27/4/2023).

Data Angkasa Pura II menunjukan, sebelum pandemi, Bandara Soekarno-Hatta rata-rata melayani 1200 penerbangan setiap harinya. Adapun di tengah pandemi pada 2022 dan awal 2023, jumlah penerbangan pada hari-hari biasa berkisar antara 800 hingga 900 penerbangan per hari.

Lebih lanjut Budi menjelaskan, meskipun mengalami lonjakan jumlah penumpang yang berakibat pada meningkatnya pergerakan pesawat, tetapi pelaksanaan arus mudik ini berjalan relatif lancar.

Menurutnya, hal ini salah satunya didukung oleh disetujuinya kebijakan memajukan libur cuti bersama, sehingga waktu arus mudik menjadi lebih panjang.

“Jadi meski lonjakan penumpang tinggi dengan tingkat okupansi 90 persen lebih,  bisa tertangani dengan baik. On Time Performance (OTP) atau ketepatan waktu juga terjaga dengan baik,” tambah Budi.

Budi juga menilai harga tiket pesawat selama arus mudik masih dalam batas wajar dan tidak melebih tarif batas atas yang telah ditentukan. 

Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang) sendiri menjadi bandara tersibuk yang dikelola oleh AP II. Disusul kemudian Bandara Kualanamu (Deli Serdang), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru) dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang).

Dalam kunjungan peninjauannya ke Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa, 25 Maret 2023, menghadapi lonjakan arus balik, Budi meminta seluruh pemangku kepentingan sektor penerbangan untuk tetap mengedepankan aspek keselamatan di tengah naiknya pergerakan penumpang tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Widya Islamiati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper