Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penerbangan Haji 2023, Garuda Indonesia Pakai 14 Pesawat Jumbo

Garuda Indonesia menyiapkan 14 pesawat jumbo untuk mengangkut calon jemaah haji pada 2023.
Pesawat maskapai Garuda Indonesia berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Selasa (20/12/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Pesawat maskapai Garuda Indonesia berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Selasa (20/12/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) menyiapkan sebanyak 14 unit pesawat jumbo atau wide body untuk melayani calon jemaah haji asal Indonesia pada 2023.

DIrektur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, dalam musim Haji kali ini perseroan akan mengoperasikan 7 unit pesawat jenis Boeing B777-300, 4 pesawat Airbus A330-300, serta 3 pesawat Airbus A330-900. Dari jumlah tersebut, sebanyak 7 pesawat di antaranya disediakan melalui skema wet lease dengan pihak lessor. 

Garuda Indonesia rencananya akan memberangkatkan sebanyak 104.172 calon jemaah Haji pada 2023 mulai 24 Mei hingga 2 Agustus 2023. Para calon jemaah haji tersebut akan dibagi ke dalam 287 kelompok terbang (kloter) dan akan diberangkatkan dari 9 embarkasi yaitu Aceh, Medan, Padang, Jakarta, Solo, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar, dan Lombok.

Irfan memastikan seluruh pesawat berbadan lebar (wide body) yang akan digunakan untuk melayani calon jemaah haji dalam keadaan prima dan layak terbang melalui serangkaian inspeksi berlapis. Hal ini termasuk perawatan menyeluruh terhadap mesin pesawat serta keseluruhan komponen vital pesawat lainnya.

Dia mengatakan, perusahaan terus mengoptimalkan komitmennya untuk menjalankan tugas penting melayani jemaah Haji asal Indonesia ke Tanah Suci dengan menghadirkan penerbangan yang aman dan nyaman.

“Kami memahami bahwa pelaksanaan ibadah Haji merupakan momen yang telah dinantikan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, karena itu kami berupaya untuk menghadirkan seamless experience bagi seluruh calon jemaah Haji baik dari sebelum penerbangan hingga setelah penerbangan dengan Garuda Indonesia,” jelas Irfan dalam keterangan resminya, Kamis (27/4/2023).

Lebih lanjut, sebagai upaya untuk memberikan nilai tambah layanan bagi para  jemaah, Garuda Indonesia akan menghadirkan berbagai pilihan hiburan In-flight Entertainment bernuansa islami selama penerbangan. Tak hanya itu, para jemaah juga akan mendapatkan inflight catering sesuai menu khas daerah embarkasi.

Adapun, kesiapan operasional penerbangan haji GIAA ditandai dengan penandatanganan kerja sama pengangkutan udara jemaah haji regular dan petugas penyelenggara ibadah haji kelompok terbang tahun 1444 Hijriah /2023 yang dilaksanakan langsung oleh Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji & Umrah Kementerian Agama RI, Hilman Latief di Kantor Pusat Kementerian Agama RI, Jakarta Pusat, Kamis (27/4/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper