Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Arus Balik Lebaran, BPH Migas Pastikan Pasokan BBM Aman

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) memastikan penyediaan dan penyaluran BBM pada arus balik mudik Lebaran aman
Kepala BPH Migas Erika Retnowati./Istimewa
Kepala BPH Migas Erika Retnowati./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) memastikan penyediaan dan penyaluran BBM di sepanjang ruas utama dan arteri pada arus balik mudik Lebaran tersedia dengan baik.

Pasca-Idulfitri 2023, Kepala BPH Migas yang juga merupakan Ketua Posko Nasional sektor ESDM Ramadan dan Idulfitri 1444 H/2023 Erika Retnowati mengeklaim pihaknya masih terus melakukan pemantauan pasokan energi di berbagai wilayah, termasuk daerah wisata yang menjadi destinasi masyarakat, jalur lintas utama maupun logistik, serta wilayah rawan kemacetan maupun rawan bencana.

“Kami terus memonitor secara langsung pasokan BBM, gas bumi, elpiji, ketenagalistrikan, dan kebencanaan geologi, baik sebelum, saat Hari Raya Idulfitri, hingga berakhirnya masa kerja Posko Nasional Sektor ESDM. Sebagaimana disampaikan beberapa waktu lalu, periode libur Lebaran tahun ini lebih panjang dari tahun-tahun sebelumnya. Komunikasi intensif serta sinergitas dengan badan usaha energi dan stakeholder menjadi kunci agar masyarakat dapat beraktivitas dengan nyaman,” kata Erika melalui siaran pers, Rabu (26/4/2023).

Di samping itu, pengendara yang melakukan perjalanan kembali ke kota asal diharapkan dapat mempersiapkan dengan baik segala sesuatunya, termasuk pengisian BBM.

“Kami mengimbau masyarakat dapat melakukan pengisian BBM dengan mempertimbangkan kepadatan arus balik menuju kota asal. Pasokan BBM di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) kami pastikan tersedia dengan baik. Tetap jaga kondisi fisik, kelaikan kendaraan dicek, juga perhatikan kondisi cuaca saat kembali. Utamakan keselamatan,” imbuhnya. 

Adapun, Posko Nasional sektor ESDM untuk Ramadan dan Idulfitri 2023 berlangsung sejak 10 April 2023 hingga 2 Mei 2023 mendatang. Posko bertugas untuk melakukan koordinasi dan mengawasi pasokan energi dan antisipasi kebencanaan geologi di seluruh wilayah Indonesia.

Erika menuturkan, pasokan dan pendistribusian energi pada arus mudik berjalan normal. Menurutnya, penyediaan BBM, gas bumi, LPG serta kelistrikan juga tak mendapatkan kendala yang berarti.

"Alhamdulillah, berkat kerja sama dan kolaborasi yang baik antar instansi, pasokan energi pada periode arus mudik berjalan lancar," kata Erika.

Lebih lanjut, Erika menjelaskan, berdasarkan laporan Posko Nasional Sektor ESDM pada Senin, 24 April 2023, ketersediaan BBM, termasuk Avtur dalam kondisi aman. Demikian juga dengan penyaluran gas bumi dan LPG nasional, semua terpantau dalam kondisi aman.

"Semua [pasokan dan pendistribusian BBM] normal dan terkendali. Untuk kelistrikan, sistem nasional juga dalam kondisi normal. Daya mampu pasok nasional berada di atas beban puncak," imbuh Erika.

Terkait kebencanaan geologi, pascakejadian gempa bumi magnitudo 6,9 (sebelumnya disebut berkekuatan magnitudo 7,3) di Barat Laut Kepulauan Mentawai, Erika menuturkan, pihaknya sudah berkoordinasi agar badan usaha segera melakukan asesmen dan evaluasi infrastruktur energi di wilayah terdampak.

Saat ini, Posko Nasional Sektor ESDM terus berkoordinasi guna memastikan tidak ada dampak signifikan terhadap penyaluran energi di wilayah terdampak gempa bumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper