Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

8.348 Unit Hunian Milenial Rampung, Erick Thohir: Alhamdulillah Laku 65 Persen

Menteri Erick Thohir menyebut sejumlah 8.348 unit apartemen proyek hunian milenial senilai Rp5 triliun telah rampung.  
Salah satu proyek Hunian Milenial untuk Indonesia, yakni Apartemen Samesta Mahata Margonda, Depok, Jawa Barat, Kamis (13/4/2023)/Ni Luh Angela
Salah satu proyek Hunian Milenial untuk Indonesia, yakni Apartemen Samesta Mahata Margonda, Depok, Jawa Barat, Kamis (13/4/2023)/Ni Luh Angela

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melaporkan telah menyelesaikan sejumlah 8.348 unit apartemen proyek hunian milenial dengan total pendanaan mencapai Rp5 triliun. 

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, dari 8.348 unit tersebut, sudah terjual sebanyak 65 persen dengan 41 persen konsumen merupakan generasi milenial. Hunian milenial tersebut dibangun di sejumlah lokasi, antara lain Depok, Jakarta, Tangerang, Bogor, dan Karawang. 

“Sebagai laporan kita sudah menyelesaikan tujuh lokasi dengan total pendanaan Rp5 triliun di mana total unit ini 8.348. Alhamdulillah, tingkat kelakuannya di atas 65 persen dan 41 persen adalah milenial yang beli,” ujar Erick dalam acara Peresmian Hunian Milenial untuk Indonesia di Apartemen Samesta Mahata Margonda, Depok, Kamis (13/4/2023).

Adapun, untuk apartemen Samesta Mahata Margonda di Depok tersedia 940 unit dan sebanyak 78 persen unit sudah terjual. Dengan demikian, sekitar 733 unit apartemen tersebut sudah laku terjual.

Erick juga mengatakan, pihaknya berencana meluncurkan sebuah apartemen hunian milenial di Klender setelah Lebaran.

Dalam pembangunan hunian milenial, Kementerian BUMN bersama Kementerian PUPR melibatkan sejumlah perusahaan pelat merah, antara lain Perum Perumnas, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN), dan PT PLN.

Selain itu, pembangunan juga melibatkan beberapa perusahaan BUMN Karya, seperti PT Adhi karya (Persero) Tbk. (ADHI), dan PT PP (Persero) Tbk. (PTPP).

Selain itu, PT Kereta Api Indonesia juga turut terlibat dalam memanfaatkan lahannya sebagai bangunan hunian. Dia menyebut, PT KAI akan melakukan paparan kepada pihak Kementerian BUMN untuk pembangunan hunian lainnya.

“PT Kereta Api sudah akan paparan kepada saya dan para Wamen di mana titik-titik berikutnya yang ada di luar Jakarta,” tuturnya.

Erik mengatakan, Presiden Joko Widodo selalu mengingatkan bahwa 75 persen wilayah Indonesia merupakan laut dan 25 persen darat. Hal ini menimbulkan terjadinya keterbatasan lahan di Indonesia.

Dia juga menyebut, tingkat total penduduk kota atau urbanisasi mencapai 56,7 persen, sedangkan penduduk desa mencapai 43,4 persen. Menurutnya, angka tersebut menunjukkan wilayah perkotaan akan semakin padat.

Oleh karena itu, Kementerian BUMN dan Kementerian PUPR mencanangkan sinergi antara transportasi dengan hunian dengan konsep transit oriented development (TOD). Konsep hunian tersebut dinilai dapat menekan penggunaan kendaraan pribadi sehingga mengurangi tingkat kemacetan.

“Tentu wilayah perkotaan akan semakin padat dan akan makin menantang dalam mengatur transportasi dan hunian untuk masyarakat,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper