Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polda Metro Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran 2023 Dimulai Jumat Besok

Polda Metro Jaya memprediksi puncak arus mudik Lebaran tahun 2023 dimulai pada besok, Jumat (14/4/2023).
Kondisi di Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama - Dok. Jasa Marga.
Kondisi di Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama - Dok. Jasa Marga.

Bisnis.com, JAKARTA - Polda Metro Jaya memprediksi puncak arus mudik Lebaran tahun 2023 terbagi menjadi dua gelombang, yang dimulai pada besok Jumat (14/4/2023). 

“Setelah timeline yang kami sampaikan tadi diperkirakan puncak arus mudik terjadi dua gelombang atau dua waktu, diperkirakan yang pertama arus mudik yaitu diprediksikan tanggal 14 April 2023,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisno Andiko di Polda Metro, Kamis.

Trunoyudo menyebut bahwa untuk gelombang kedua arus mudik Lebaran 2023 akan terjadi pada tanggal 18-19 April 2023.

Sedangkan unutk puncak arus balik Lebaran tahun ini juga terbagi menjadi dua gelombang, yakni yang pertama diprediksikan antara tanggal 25-26 April 2023.

“Kemudian pada gelombang kedua diperkirakan akan menuju Jakarta tanggal 30 April 2023 hingga 1 Mei 2023,” ucqpnya.

Seperti yang diketahui, operasi ketupat terkait pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2023 mulai dari 18 April 2023 hingga 1 Mei 2023.

Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa operasi ketupat ini akan dilaksanakan terpusat dan seluruhn wilayah dari kepolisian.

“(Operasi ketupat) mulai dari tanggal 18 (April) sampai dengan tanggal 1 Mei,” ujar Listyo di Mabes Polri, Kamis (6/4/2023).

Listyo menyebut pihakya akan melakukan evaluasi saat situasi arus memiliki volume padat yang diduga berpotensi menimbulkan kemacetan dan kegiatan mudik menjadi tidak lancar.

Lebih lanjut, Listyo mengatakan bahwa nantinya terdapat juga skenario mulai dari ganjil genap sampai dengan contraflow, sampai dengan one way.

Skema ini akan diterapkan mulai dari mulai dari Cikampek sampai Kalikakung. Lalu, pada arus sebaliknya dan kemudian jalur yang ada di Jawa Barat mengarah ke Jakarta dan Jakarta mengarah Jawa Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper