Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Erick Thohir Minta BUMN Jalan Tol Beri Diskon Tarif saat Mudik 2023

BUMN yang menjadi operator jalan tol diminta memberikan diskon tarif tol selama periode mudik Lebaran 2023.
Ilustrasi - Proyek Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II atau Japek Elevated./Bisnis-Jasa Marga
Ilustrasi - Proyek Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II atau Japek Elevated./Bisnis-Jasa Marga

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengimbau badan usaha jalan tol dibawah naungan BUMN Karya seperti PT Hutama Karya dan PT Waskita Karya Tbk. untuk memberikan diskon tarif tol selama periode mudik Lebaran 2023. 

Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga mengatakan BUMN Karya yang melewati jalur mudik akan didorong untuk memberikan diskon tarif tol di jalur-jalur penting selama mudik.

"Kalau HK sama Waskita yang dilewatin [mudik], kita imbau untuk berikan diskon untuk di jalur tertentu, dan ini dihimbau juga pak Erick sama dengan PUPR lewat asosiasi tol untuk bisa memberikan diskon di jalur mudik," kata Arya di Synergy Lounge Kementerian BUMN, Kamis (6/4/2023).

Sebelumnya, Jasa Marga telah mengumumkan pemberian diskon sebesar 20 persen untuk tarif terjauh jalan Tol Jakarta - Cikampek (Japek).

Pemberlakuan diskon hanya berlaku di dua gerbang tol, yaitu Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang menuju/dari arah Trans Jawa dan GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang yang menuju/dari arah Bandung.

Adapun, periode pemberlakuan diskon tarif tol 20 persen di Jalan Tol Jakarta-Cikampek yaitu pada Minggu, 16 April 2023 pukul 06.00 WIB hingga Selasa, 18 April 2023 pukul 06.00 WIB.

Jasa Marga juga akan memberlakukan diskon tarif tol 20 persen di Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada periode arus balik yaitu pada Kamis, 27 April 2023 pukul 06.00 WIB hingga Sabtu, 29 April 2023 pukul 06.00 WIB.

Di sisi lain, Corporate Secretary Waskita, Alex Siwu, mengatakan pihaknya belum berencana untuk memberlakukan diskon tarif di sejumlah ruas tol yang dikelolanya.

"Sampai dengan saat ini kami belum ada rencana melakukan diskon tarif," kata Alex saat dihubungi Bisnis.

Senada, EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo, menyatakan perusahaan masih perlu mengkaji potensi pemberlakuan diskon tarif tol.

"Hutama Karya masih mengkaji potensi kebijakan tersebut dan pada dasarnya kami mendukung arahan Pemerintah selaku regulator dalam mengimplementasikan kebijakan yang diterapkan," ujarnya, dihubungi terpisah.

Lebih lanjut, Ketua Umum Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI), Subakti Syukur, sekaligus Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mengakatan sampai saat ini anggota ATI belum memberikan jawaban terkait imbauan diskon tarif tol tersebut. 

"Memang sampai sekarang di ATI belom ada yang jawab, Jasa Marga mendahului kemarin kita umumkan," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper