Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jurus Pertamina Amankan Stok BBM Mudik Lebaran 2023

PT Pertamina (Persero) telah menyiapkan strategi untuk amankan pasokan BBM saat arus mudik dan balik Lebaran 2023.
Cara mencari SPBU Pertamina terdekat/freepik
Cara mencari SPBU Pertamina terdekat/freepik

Bisnis.com, INDRAMAYU - PT Pertamina (Persero) menyiapkan strategi distribusi dan rantai pasok untuk mengamankan stok BBM saat arus mudik dan balik Lebaran 2023. Sejumlah antisipasi disiapkan termasuk jika terjadi one way di jalur tol Jakarta-Cikampek.

Wakil Komisaris Utama Pertamina Pahala Nugraha Mansury menerangkan Terminal BBM Balongan bakal berperan cukup krusial dalam rantai pasok jalur mudik Lebaran 2023. Alasannya, terminal yang berlokasi di Indramayu ini berada di jalur mudik tujuan Jawa Barat, Jawa Tengah, maupun Jawa Timur.

Pria yang juga merupakan Wakil Menteri II BUMN ini menjelaskan integrated Terminal Balongan memproduksi hingga 3.185 kilo liter BBM per harinya.

"Tentunya merupakan salah satu TBBM utama, ini menempel bersama dengan Refinary Unit VI Balongan dan terutama memberikan suplai kepada integrated terminal yang ada di Plumpang," terangnya saat kunjungan ke TBBM Balongan, Selasa (4/4/2023).

Dia mengingatkan pentingnya aspek keselamatan dan memastikan terminal terintegrasi ini dapat beroperasi dengan baik memberikan pelayanan saat musim Ramadan dan Idulfitri 1444 H.

Menurutnya, ada kekhususan di kawasan ini karena dilalui jalur mudik dan balik, sehingga Terminal Terintegrasi Balongan menyiapkan prosedur dan infrastruktur.

"Para karyawan mengantisipasi pengoperasian satu jalur semasa Idul Fitri, juga adanya SPBU 24 jam, juga terminal LPG beroperasi 24 jam. Jadi kesiapan masalah Ramadan dan Idulfitri kami mengantisipasi beberapa perubahan," katanya.

Pahala menambahkan, meskipun tren penggunaan BBM agak menurun selama masa mudik dan balik Lebaran, tetapi semua SPBU di jalur mudik dipastikan siaga 24 jam dan begitu ada kekurangan harus langsung dapat diisi.

“Pertamina juga telah menyiapkan berbagai inovasi pelayanan selama mudik seperti Mobil Tangki di SPBU, Motoris yang beroperasi di jalur tol serta SPBU Modular yang ditempatkan di titik-titik rawan kemacetan dan jalur baru,” imbuh Pahala.

Selain kesiapan infrastuktur distribusi energi, Pahala juga memastikan keamanan (safety) dan sistem IT yang andal selama Satgas RAFI.

“Pertamina terus memastikan terkait safety, karena safety paling utama. Sistem IT di Kilang Balongan memiliki safety yang mencukupi, termasuk kesiapan control room infrastruktur sehingga siap dalam pelayanan produksi atau supply chain untuk Terminal Plumpang,” tandas Pahala.

Dia menegaskan rantai pasok harus sedikit berubah karena persiapan satu arah selama periode mudik dan balik Lebaran, sehingga Pertamina harus memikirkan jalur distribusi lebih baik.

Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution menegaskan jajarannya siap menyambut musim mudik dan balik Lebaran 2023.

"Kami siapkan kondisi jika terjadi contra flow di jalan tol, siapkan agen LPG siaga, siapkan juga SPBU 24 jam, dan mobil tangki stand by di SPBU, ketika macet dan habis persediaan, mobil tangki bisa langsung mengisi SPBU," tambahnya.

Selain itu, Pertamina juga menyiapkan pelayanan menggunakan sepeda motor yang disebut motoris guna mengantisipasi kendaraan yang mogok kehabisan bensin saat kemacetan.

"Motoris juga untuk beroperasi di jalur-jalur tol dan juga siapkan modular seperti pertashop di tempat-tempat rawan kemacetan dan jalur selatan yang masih minim SPBU regulernya. Kami kerja sama dengan PUPR untuk penempatan lokasi SPBU modularnya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper