Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Konsumen Keluhkan Biaya Pengiriman Mahal, Ini Strategi Ninja Xpress

Penggunaan teknologi untuk mengukur biaya dan mengoptimasi jarak diterapkan Ninja Xpress untuk memberikan tawaran paling efisien bagi konsumen.
Ninja Xpress/Bisnis
Ninja Xpress/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA- Penggunaan teknologi mesin dimension weight and scanning system atau DWS dinilai dapat mengoptimalkan akurasi biaya pengiriman oleh perusahaan jasa kurir. Hal itu diterapkan guna meningkatkan efisiensi biaya yang dirasakan konsumen.

CMO Ninja Xpress Andi Djoewarsa menjelaskan inovasi teknologi dibutuhkan oleh perusahaan jasa kurir agar hasil penghitungan paket yang lebih akurat dan efisien.

"Dengan adanya mesin DWS yang melakukan pengukuran berat dan dimensi paket dengan akurat dan otomatis, Ninja Xpress berharap dapat mengurangi selisih hitungan dengan UKM atau pengirim paket sehingga proses faktur lebih cepat yang pada akhirnya membuat arus kas mereka menjadi lebih efisien," jelasnya, Sabtu (1/4/2023).

Hingga saat ini, Ninja Xpress telah memiliki sebanyak lebih dari 220 Mesin DWS, yang tidak hanya menjamin akurasi berat tetapi juga dimensi paket. Mesin ini juga sudah digunakan di pusat penyortiran, yang ada di beberapa area Jawa Barat, diikuti dengan daerah Jakarta dan Jawa Tengah, yang merupakan tiga terbesar wilayah asal (origin) pengiriman barang Ninja Xpress sepanjang tahun 2021. 

Ninja Xpress sudah menambah lebih dari 200 mesin DWS lagi dari tahun 2021 hingga 2022, agar lebih dapat mengakomodasi kebutuhan volume paket shipper di berbagai wilayah di Indonesia khususnya di pulau Jawa, Bali, dan Sumatera.

Jimmy Haposan, VP of Sort Ninja Xpress menambahkan Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat merupakan dua provinsi yang menjadi fokus pengembangan teknologi DWS Bulky Ninja Xpress, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk memperluas penyediaan teknologi DWS Bulky di provinsi lainnya. Adapun pemilihan dua lokasi tersebut dilatarbelakangi oleh tingginya potensi perkembangan UKM lokal dan juga penggunaan jasa logistik. 

"Dengan adanya penambahan mesin DWS Bulky, diharapkan dapat dilakukan penimbangan dan pengukuran lebih dari 99 persen total paket Ninja Xpress secara akurat," terangnya 

Dalam waktu dekat, Ninja Xpress berencana akan menambah ratusan mesin DWS di pusat penyortirannya yang ada di seluruh area Jawa, yakni Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali karena area ini termasuk dalam lima area paket asal terbesar Ninja Xpress. Selain itu, mesin ini juga akan ditempatkan di pusat penyortiran yang ada di Pulau Sumatera meliputi Medan, Palembang, Pekanbaru, dan Lampung untuk mengakomodasi volume paket Ninja Xpress yang ada di beberapa daerah di Indonesia. 

Dengan penambahan ini, Ninja Xpress berharap sebanyak lebih dari 95 persen paket yang dikirimkan dapat ditimbang dan diukur secara akurat

Mesin DWS yang digunakan Ninja Xpress dapat melakukan pengukuran berat dengan akurasi hingga 50 gram dan dimensi hingga akurasi 2 cm. Kapasitas mesin ini mencapai 50 kg dan dimensi maksimal 70x50x40 cm. Salah satu keunggulan mesin ini adalah fitur 3D camera yang dapat menangkap ukuran berat, dimensi, dan gambar paket secara bersamaan untuk dikirim ke sistem database dengan memindai barcode yang ada di paket sehingga memiliki bukti yang autentik. 

Saat ini, untuk kebutuhan pengiriman paket dengan ukuran dan berat yang lebih besar, Ninja Xpress juga menyediakan teknologi DWS Bulky di lebih dari 10 lokasi di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur sehingga dapat mendukung pengukuran paket yang lebih besar dengan penimbangan yang lebih akurat.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper