Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

The Fed Sudah Wanti-Wanti Risiko Kegagalan SVB sejak Awal Februari 2023

Staf pengawas the Fed juga telah menyampaikan keprihatinan mengenai manajemen risiko suku bunga dan likuiditas SVB sejak November 2021.
Logo Silicon Valley Bank (SVB). Source: Bloomberg.
Logo Silicon Valley Bank (SVB). Source: Bloomberg.

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Sentral Amerika Serikat Federal Reserve mengidenfitikasi dan mengigatkan mengenai risiko kegagalan Silicon Valley Bank (SVB) beberapa pekan sebelum bank ini bangkrut.

Wakil Ketua Dewan Federal Reserve untuk Pengawasan Michael S. Barr mengungkapkan temuan risiko SVB dalam kesaksian pada sidang Komite Urusan Perbankan, Perumahan, dan Perkotaan Senat pada Selasa (28/3/2023).

Barr menuturkan bahwa masalah mengenai SVB baru pertama kali diketahui pada pertengahan Februari 2023.

"Sejauh pengetahuan saya, saya pertama kali mengetahui tentang masalah di Silicon Valley Bank sehubungan dengan risiko suku bunga pada pertengahan Februari 2023," Tuturnya dikutip dari Reuters (29/3/23). 

Barr mengatakan kepada Komite Perbankan Senat, bahwa staf the Fed melakukan presentasi kepada dewan bank sentral pada pertengahan Februari dengan menyoroti risiko bunga SVB dan mengindikasikan untuk ditinjau lebih lanjut. 

"Saya yakin ini adalah pertama kalinya saya mengetahui tentang risiko suku bunga di Silicon Valley Bank." Ucap Barr. 

Sebelumnya pada November 2021, staf pengawas the Fed telah menyampaikan keprihatinan yang cukup serius mengenai manajemen risiko suku bunga dan likuiditas SVB serta menuntut perbaikan dari bank. 

Kemudian, pada pertengahan 2022, staf the Fed menganggap manajemen SVB kurang baik dan melarang bank tumbuh melalui merger atau akuisisi. 

Pada Oktober 2022, Pengawas the Fed membawa masalah tersebut ke kepada keuangan SVB, dan menyampaikan kekhawatiran tambahan kepada manajemen SVB pada November. 

Namun, Barr mengatakan bahwa masalah tersebut tidak diperhatikan sampai presentasi staf bulan lalu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper