Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Ramadan 2023, Penjualan Lapak Online Daging Sapi dan Bawang Melonjak 4 Kali Lipat

Apa saja produk terlaris jelang Ramadan 2023? simak lengkapnya di Bisnis.com berikut ini
Ecommerce/alleywatch.com
Ecommerce/alleywatch.com

Bisnis.com, JAKARTA - Ramadan menjadi momen yang dinantikan banyak masyarakat Indonesia. Pasalnya, selain mempersiapkan secara spiritual, masyarakat juga semakin antusias membeli berbagai kebutuhan. 

Hal ini ternyata juga berdampak pada meningkatnya aktivitas belanja online. Dalam tiga tahun terakhir, tren belanja online memang terus berkembang.

Jadi, tak heran apabila para pemain e-commerce makin gencar berbenah untuk mempersiapkan program-program Ramadan yang menarik dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan dan memanfaatkan momen Ramadan 2023 yang sebentar lagi tiba.

Direktur Corporate Affairs Tokopedia, Nuraini Razak mengatakan, jelang Ramadan 2023, makanan dan minuman, fesyen, otomotif, rumah rangga, kesehatan menjadi sejumlah kategori paling dicari konsumen.

“Hal ini dibuktikan dari data internal Tokopedia bahwa menjelang Ramadan 2023, ada peningkatan jumlah kunjungan pada halaman produk (product page view) sebesar lebih dari 1,5 kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya,” jelasnya, Selasa (21/3/2023). 

Nuraini menambahkan pada periode yang sama, bumbu dan bahan masakan, makanan ringan, obat-obatan, aksesori motor dan perlengkapan kebersihan menjadi beberapa produk terlaris yang dicari konsumen. 

“Masyarakat sudah mulai membeli produk makanan dan minuman khas Ramadan, seperti kurma, madu dan sirup yang mengalami peningkatan transaksi sebesar tiga kali lipat. 

Dirinya juga memaparkan, penjualan daging sapi dan bawang mengalami kenaikan hingga empat kali lipat. 

Selain itu, perlengkapan ibadah, seperti tasbih digital, sajadah, rompi salat, mukena dan sarung merupakan sejumlah produk paling diburu. 

Perkembangan situasi pandemi Covid-19 di Indonesia terus membaik, nyatanya juga membuat masyarakat mulai mempersiapkan kendaraan untuk perjalanan jauh, seperti mudik. 

“Beberapa produk paling laris pada kategori Otomotif, yaitu aksesori body motor, lampu motor/mobil, oli motor, jas hujan, radiator dan komponen mobil,” ungkapnya. 

Masyarakat pun tengah melengkapi kebutuhan rumah tangga untuk sambut momen silaturahmi. Terbukti, sejumlah produk seperti toples makanan, alat pembuat kopi dan teh, serta gelas jadi kategori Rumah Tangga paling laris. 

Di sisi lain, menjaga kesehatan menjadi hal penting yang terus diperhatikan masyarakat khususnya selama Ramadan. Terbukti, masker medis, obat herbal dan vitamin menjadi produk paling laris di Tokopedia saat menjelang Ramadan 2023.

Menariknya, terjadi peningkatan tertinggi jumlah pembeli, dengan rata-rata peningkatan hampir 2 kali lipat di sejumlah dareah, seperti Aceh Tengah (D.I. Aceh), Tanjung Pinang (Kep. Riau), Sampang (Jawa Timur), Bontang (Kalimantan Timur) dan Lombok Timur (Nusa Tenggara Barat). 

Sedangkan, untuk wilayah dengan peningkatan paling tinggi jumlah penjual saat menjelang Ramadan 2023, berada di Tanjung Pinang (Kep. Riau), Sampang (Jawa Timur), Badung (Bali), Banjarmasin (Kalimantan Selatan) dan Balikpapan (Kalimantan Timur) 

Lebih lanjut, dia menjelaskan, pembeli dan penjual Tokopedia meningkat di berbagai daerah "Kami melihat adanya pengiriman terjauh jelang Ramadan 2023, yaitu dari Medan (Sumatra Utara) ke Jayapura (Papua)," kata Nuraini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper