Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Lebaran, Bandara Halim Perdanakusuma Lakukan Pemeliharaan Runway

Sejumlah penerbangan dari dan menuju Bandara Halim Perdanakusuma akan dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta.
Pesawat Batik Air di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Rabu (14/2/2019). Bisnis/Nurul Hidayat
Pesawat Batik Air di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Rabu (14/2/2019). Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA – Bandara Halim Perdanakusuma akan melaksanakan pemeliharaan landas pacu (runway) dalam rangka menyambut masa angkutan Lebaran 2023. Sejumlah penerbangan dari dan menuju bandara tersebut pun akan dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) M. Kristi Endah Murni menjelaskan, pemeliharaan ini akan dilakukan selama 6 hari mulai Rabu (22/3/2023) hingga Selasa (28/3/2023) mendatang. 

Waktu pelaksanaan pemeliharaan dijadwalkan pada pukul 18.00 - 05.00 WIB dan akan dievaluasi sesuai kebutuhan. Pelaksanaan pemeliharaan ini juga sudah sesuai dengan Notice to Air Missions (NOTAM) A0782/23.

"Pemeliharaan runway ini dilakukan untuk memenuhi aspek keselamatan penerbangan guna mendukung kelancaran angkutan udara Lebaran 2023," jelas Kristi dalam keterangan resminya, Minggu (19/3/2023).

Kristi melanjutkan pemeliharaan runway akan berdampak pada beberapa penerbangan, sehingga diperlukan pengaturan rotasi pesawat dan penanganan pelayanan penumpang yang optimal dan efisien.

Selain itu, waktu pelaksanaan pemeliharaan runway dikecualikan untuk penerbangan VVIP dan apabila terdapat penerbangan lain yang bersifat mendesak serta untuk dukungan kepada kepentingan negara. 

Sebagai informasi, Bandara Halim Perdanakusuma tetap melayani penerbangan pada rute yang tidak dilayani dari atau ke Bandara Soekarno-Hatta, seperti Halim - Malang, Halim - Bengkulu, Halim- Ngloram, serta Halim - Yogyakarta.

Untuk rute yang juga dilayani oleh Bandara Soekarno-Hatta, Kemenhub juga akan melakukan mitigasi berupa mekanisme pengajuan extra flight atau penerbangan tambahan. Hal ini dilakukan untuk mengakomodir penambahan permintaan yang disebabkan oleh pengalihan penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma ke Bandara Soekarno-Hatta.

“Kami akan terus melakukan pengawasan dan kolaborasi dengan stakeholders penerbangan selama masa pemeliharaan runway Bandara Halim Perdanakusuma, untuk memastikan ketersediaan konektivitas pada rute yang terdampak agar tetap terlayani melalui Bandara Soekarno Hatta,” imbuhnya.

Kristi menegaskan agar penyelenggara bandar udara dan penyelenggara navigasi penerbangan wajib memperhatikan distribusi slot time agar tidak menjadi tambahan beban runway. 

Selain itu, Badan Usaha Angkutan Udara diminta segera melakukan langkah-langkah terkait dengan penanganan pelayanan penumpang yang telah memiliki tiket untuk penerbangan terdampak, yakni, Penyampaian pemberitahuan segera kepada penumpang melalui berbagai kanal informasi; Kepastian terpenuhinya kewajiban terhadap azaz perlindungan konsumen.

Selain itu, Badan Usaha Angkutan Udara juga wajib memmberikan kemudahan untuk opsi pengembalian biaya jasa angkutan udara secara penuh (full refund), penjadwalan ulang penerbangan (reschedule), pengalihan penerbangan dari atau ke Bandara Soekarno-Hatta tanpa dikenakan biaya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Selain itu, Badan Usaha Angkutan Udara juga diminta melapor secara berkala kepada Dirjen Perhubungan Udara terkait mitigasi penanganan penumpang.

"Saya perintahkan agar semua operator penerbangan agar cepat dan tanggap melakukan penanganan pelayanan penumpang yang terdampak akibat pemeliharaan runway tersebut," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper