Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jalur Dinyatakan Aman, KA Pangrango Bogor-Sukabumi Kembali Beroperasi

Perjalanan KA Pangrango Bogor-Sukabumi kembali beroperasi usai jalur kereta dinyatakan aman pasca-terdampak longsor pada Rabu (15/3/2023).
KA Pangrango/dprd-sukabumikota.go.id
KA Pangrango/dprd-sukabumikota.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta memastikan KA Pangrango sudah dapat kembali beroperasi melayani penumpang pada hari ini, Kamis (16/3/2023).

Sebelumnya, operasi KA Pangrango dihentikan pada Rabu (15/3/2023) akibat kerusakan pada jalur KA yang terdampak longsor di antara Bogor Paledang - Batu Tulis. 

Eva Chairunisa, Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, menyebutkan bahwa pihaknya dan Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan telah melakukan percepatan perbaikan pada jalur kereta yang terdampak longsor. 

Salah satu upaya yang difokuskan agar layanan KA Pangrango kembali adalah melakukan sejumlah penguatan konstruksi jalan rel khususnya pada jalur hilir yang tidak terdampak longsor. Eva menyebut, sejak Kamis dinihari, jalur dinyatakan aman untuk operasional KA setelah beberapa kali uji coba dengan menjalankan lokomotif melewati lokasi. 

Sementara itu, untuk jalur hulu yang terdampak longsor dengan kondisi rel menggantung sepanjang 25 meter proses perbaikan saat ini masih terus berlangsung. Dia mengatakan, perbaikan jalur tersebut akan melalui sejumlah tahapan pekerjaan hingga dinyatakan aman untuk operasional KA. 

"Upaya perbaikan jalur rel terdampak longsor dilakukan oleh seluruh tim prasarana Daop 1 Jakarta dengan mengutamakan keselamatan dan keamanan," katanya dikutip dari keterangan resmi, Kamis (16/3/2023).

Eva melanjutkan, pada hari ini, dari total 6 perjalanan KA Pangrango yang beroperasi, hanya 1 yang dibatalkan, yaitu KA 213 relasi Sukabumi - Bogor dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Sukabumi pukul 05.30 WIB. Sementara itu, 5 perjalanan KA Pangrango lainnya kembali dapat beroperasi melayani penumpang. 

Adapun, untuk calon penumpang pada KA Pangrango yang terdampak pembatalan perjalanan pada hari ini telah diberikan informasi melalui pesan singkat ke nomor kontak yang telah dicantumkan saat melakukan transaksi tiket. 

Calon penumpang diarahkan untuk melakukan proses pembatalan tiket di Stasiun Bogor Paledang dan Sukabumi dengan penggantian bea tiket 100 persen. Proses pembatalan juga dapat dilakukan hingga 7 hari ke depan. 

Masyarakat yang membutuhkan informasi terkait perjalanan KA Pangrango dan proses pembatalan tiket juga dapat menghubungi contact center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial @KAI121

Berikut jadwal KA Pangrango yang beroperasi melayani penumpang pada Kamis 16 Maret 2023 :

Keberangkatan Stasiun Bogor

- KA 216C jadwal keberangkatan pukul 08.20 WIB

- KA 218C jadwal keberangkatan pukul 14.20 WIB

- KA 214C jadwal keberangkatan pukul 19.50 WIB 

Keberangkatan Stasiun Sukabumi

- KA 215B jadwal keberangkatan pukul 11.25 WIB

- KA 217B jadwal keberangkatan pukul 17.25 WIB

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper